BWF WTF 2022 - Fajar/Rian Terhenti di Semifinal

Muhammad Rian Ardianto & Fajar Alfian (Humas PP PBSI)
Muhammad Rian Ardianto & Fajar Alfian (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Bangkok | Harapan agar "all-Indonesian final" tercipta pada sektor ganda putra BWF World Tour Finals (WTF) 2022, pupus. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus mengakui keunggulan pasangan China Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi dengan rubber game 20-22, 21-11, 19-21 di babak empat besar yang berlangsung pada Sabtu (10/12) di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand. Fajar/Rian gagal menyusul "The Daddies" yang kembali berhasil mencapai partai puncak turnamen penutup tahun tersebut.

"Ini hasil yang sudah maksimal, walau yang diharapkan tidak seperti ini," tanggap Fajar, melalui keterangan pers Humas PP PBSI.

"Di pertandingan tadi, kita banyak melakukan kesalahan sendiri terutama di poin-poin kritis. Di gim ketiga juga tadi sudah unggul 17-15 tapi malah terkejar. Itu evaluasi buat kita, kalau sudah unggul apalagi di poin-poin kritis harus lebih tenang, lebih safe, lebih kontrol mainnya," Fajar, menambahkan.

Di sisi lain Fajar juga menyoroti peningkatan permainan dari Liu/Ou yang kian membaik belakangan ini. Terlebih, motivasi mereka semakin bertaham pascamenjuarai Australian Open 2022. "Secara percaya diri, mungkin sedang meningkat dan individunya memang bagus-bagus," jelasnya.

Hal hampir senada terkait performa Liu/Ou juga dilontarkan oleh Rian. Di sisi lain, atlet kelahiran Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini mengaku kurang siap mengantisipasi perlawanan ketat dari Liu/Ou. "Mereka permainan drive-nya bagus," katanya.

Secara umum, Rian merasa belum puas dengan hasil yang dicapai pada BWF WTF 2022. Namun, serupa dengan pernyataan Fajar, keduanya telah berupaya maksimal hingga babak empat besar ini. "Tahun depan kita mau lebih konsisten dan menjaga kualitas permainan. Menang kalah itu biasa tapi bagaimana untuk terus konsisten," pungkasnya.