(Hong Kong Open) Kurangi Rasa Penasaran

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berusaha menghadang serangan.
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berusaha menghadang serangan. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Kowloon | Rasa penasaran Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon untuk mengalahkan Lee Yong Dae sedikit terbayar saat bersua di babak perempat final Hong Kong Open 2018 BWF World Tour Super 500. Tampil menggaet Kim Gi Jung, Lee/Kim harus mengakui kekuatan pasangan ganda putra terbaik dunia saat ini dengan kekalahan 22-20, 9-21 dan 15-21, pada pertandingan yang berlangsung di Hong Kong Coliseum, Jumat (16/11).

Meski menang, The Minions harus kehilangan game pertama lantaran masih mencari pola permainan terbaiknya. “Dari awal kita masih cari pola main yang sesuai. Mereka baru main lagi dan berpasangan dengan partner baru. Tapi mereka tampil sangat baik, nggak gampang mati, safe banget, defense mereka juga rapat, tadi kita lebih sabar saja,” ujar Kevin Sanjaya.

Di mata Kevin, Lee Yong Dae masih belum kehilangan pesonanya sebagai pemain kelas dunia. Kini setelah comeback dari cuti panjang, Lee yang saat ini berpasangan dengan Kim kembali meramaikan persaingan di nomor ganda putra sebagai pemain profesional.

“Saya merasanya, kurang lebih dia masih sama seperti dulu. Masih kuat, nggak gampang mati sendiri. Dari dulu dia terkenal paling safe mainnya. Mungkin karena pasangannya sekarang beda, dia masih cari-cari ritme mainnya,” katanya.

Berbeda dengan Kevin, Marcus Fernaldi Gideon justru menilai jika penampilannya kali ini sudah jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun lalu. Menyandang sebagai pebulutangkis nomor satu dunia, Marcus mengaku sudah banyak belajar dari setiap pertandingan yang pernah dilaluinya.

“Kalau dulu kita masih jorok mainnya, banyak buang-buang poin sendiri. Sekarang kita lebih mengerti cara-cara ubah mainnya, kalau dulu tertekan sedikit gampang panik, sekarang lebih tenang. Kita sudah kira akan ramai, karena Lee pertahanannya rapat, shuttlecock juga tidak terlalu kencang di sini, jadi dia lebih berani main defense,” jelas Marcus.

Kemenangan Kevin/Marcus atas Lee/Kim membuat Indonesia memastikan satu tiket final ganda putra. The Minions sudah ditunggu seniornya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang sudah lebih dulu lolos ke babak semifinal Hong Kong Open 2018 BWF World Tour Super 500. Ini akan menjadi pertemuan ketujuh bagi kedua pasangan Indonesia. Dari enam pertemuan, Kevin/Marcus memenangkan empat diantaranya.

“Pasti kita ingin lakukan yang terbaik, penampilan mereka bagus selama di sini, mengalahkan lawan yang bagus-bagus. Koh Hendra dan bang Ahsan di sini mainnya lebih safe dan menekannya lebih dapat,” tandasnya.