Hylo Open 2022 - Ginting dan Rehan/Lisa Tembus Final

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (Humas PP PBSI)
Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia menempatkan dua wakil pada partai puncak Hylo Open 2022 melalui Anthony Sinisuka Ginting pada nomor tunggal putra dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati pada sektor ganda campuran. Di babak empat besar, Anthony menundukkan pebulu tangkis putra India Kidambi Srikanth, sementara Rehan/Lisa menyingkirkan unggulan kedua dari Prancis Thom Gicquel/Delphine Delrue, di Saarlandhalle Saarbrücken, Jerman, Sabtu (5/11).

Anthony, unggulan kelima pada turnamen berlevel BWF World Tour Super 300 ini, menang straight games atas Srikanth dengan skor 21-18, 21-15 dalam tempo 38 menit. Di final, atlet asal klub SGS-PLN Bandung tersebut bakal bertemu unggulan ketiga dari Taiwan, Chou Tien Chen.

Sementara, tren positif terus ditunjukkan oleh Rehan/Lisa dengan memenangi laga di babak empat besar atas Gicquel/Delrue melalui rubber game 21-23, 21-14, 21-7. Sepekan silam di babak delapan besar French Open 2022, Rehan/Lisa harus mengakui keunggulan Gicquel/Delrue.

"Di gim pertama, di poin-poin kritis, kami malah melakukan error. Ini karena kami masih kurang enak mainnya. Mungkin juga karena lawan sudah mengetahui kelemahan kita," kata Lisa, melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Minggu (6/11) dini hari WIB.

"Di gim kedua, kunci kemenangan adalah kami harus berani main dahuluin lawan. Karena shuttlecock-nya enak buat bermain menyerang dan posisinya kami juga berada di tempat menang angin. Jadi lebih enak bermain menyerang," Lisa, menambahkan.

Kemudian pada gim ketiga, keduanya merasa sudah mampu menguasai permainan. Sementara Gicquel/Delrue, menurut Lisa, tidak bisa keluar dari tekanan. "Ini karena kami juga sudah lebih enjoy saja," katanya.

Rehan pun mengucap syukur atas pencapaian lolos ke final Hylo Open 2022. Diakuinya pula, keduanya bermain kurang sabar hingga kalah pada gim pembuka. Hal tersebut diperbaiki saat gim kedua, hingga pertandingan harus diselesaikan tiga gim. "Sementara di gim ketiga, lawan sudah tidak bisa keluar dari tekanan kami. Makanya, saya bersama Lisa terus menekan lawan dan tidak memberi kesempatan berkembang," jelas Rehan.

Terkait persiapan partai final melawan Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping dari China pada Minggu (6/11), baik Rehan maupun Lisa kompak menyatakan akan bermain lepas dan tanpa beban. "Kami akan lebih enjoy saja, karena lawannya juga tidak gampang," kata Lisa.

"Kan, sudah final juga. Jadi kami mau main lepas saja, tidak usah berpikir menang atau kalah. main enjoy, nothing to lose, dan all out saja," demikian Rehan.

Satu-satunya wakil Indonesia di semifinal yang gagal menyusul Anthony dan Rehan/Lisa adalah Gregoria Mariska Tunjung. Tunggal putri andalan "Merah Putih" itu kalah dari Han Yue. Wakil China tersebut menang straight games dengan skor identik 21-19, 21-19 dalam tempo 45 menit.