PBSI: "Minions" Ditarik

Marcus Fernaldi Gideon & Kevin Sanjaya Sukamuljo (Djarum Badminton)
Marcus Fernaldi Gideon & Kevin Sanjaya Sukamuljo (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | PP PBSI menyatakan, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon absen di tiga turnamen, Malaysia Open Super 750 pada 28 Juni–3 Juli, Malaysia Masters (5–10 Juli), dan Singapore Open (12–17 Juli). Dengan kondisi Marcus yang belum sepenuhnya pulih setelah operasi pergelangan kaki di Portugal beberapa waktu lalu, bukan tidak mungkin pasangan berjuluk "Minions" tersebut akan kembali mendapat hasil yang kurang baik di tiga turnamen di Asia Tenggara itu.

"Marcus/Kevin ditarik. Yeremia (Erich Yacob Rambitan) yang cedera juga dipastikan ditarik (dari turnamen)," ujar Ketua Bidang Humas dan Media PP PBSI Broto Happy kepada Jawa Pos, Rabu (22/6).

Pada turnamen Indonesia Masters 2022 beberapa pekan lalu di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, langkah "Minions" terhenti di babak empat besar usai dikalahkan ganda putra China, Liang Weikeng/Wang Chang, 17-21, 10-21. Sepekan kemudian di Indonesia Open 2022, Kevin/Marcus kalah dua gim 14-21, 12-21 dari Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae di babak 16 besar.

Hampir senada dengan Broto, pelatih ganda putra pelatnas bulu tangkis Indonesia Herry Iman Pierngadi pun membenarkan penarikan "Minions" dari tiga turnamen tersebut. "Kami ingin kembalikan kondisi Marcus dulu," katanya kepada laman berita tersebut.

Selain Marcus, skuad ganda putra "Merah Putih" juga kehilangan Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, yang mengalami cedera pada babak perempat final Indonesia Open 2022. Praktis, pada tiga turnamen mendatang, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan menjadi tulang punggung ganda putra Indonesia, dengan dua pasangan pelapis, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.