Indonesia Open 2022 - Fajar/Rian Tersisih

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Djarum Badminton)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Djarum Badminton)
Indonesia Open ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia tanpa wakil di babak semifinal Indonesia Open 2022, setelah ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dikalahkan Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi. Tren positif juara Swiss Open 2022 ini pun terhenti. Bertanding di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (17/6) malam, Fajar/Rian kalah di tangan wakil China tersebut dengan skor identik 18-21, 18-21.

Selepas pertandingan, pasangan andalan tuan rumah itu mengaku sudah melakukan yang terbaik untuk meraih tiket babak empat besar turnamen BWF level super 1000 itu. Namun, usaha yang dilakukan Fajar/Rian harus tertahan oleh pasangan peringkat 75 dunia itu.

"Saya meminta maaf belum bisa memberikan yang terbaik untuk masuk ke babak selanjutnya. Lawan bermain sangat baik dengan punya kekuatan luar biasa sepanjang laga," jelas Fajar, dalam siaran pers Humas PP PBSI.

Fajar/Rian selain mengakui permainan runner up Korea Masters 2022 itu sangat tangguh dan fokusnya terjaga sepanjang laga.

Tidak heran peraih medali perak Asian Games 2018 terlihat kesulitan menahan setiap serangan yang dilancarkan Liu/Ou. "Mereka sangat baik mulai dari serve hingga permainan rally. Kami kurang bisa mengimbangi permainan mereka yang punya power kuat," Fajar, menambahkan.

Dengan kekalahan ini, Fajar/Rian gagal mengulangi prestasi sebelumnya di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022 yang sukses mengalahkan Liu/Ou di babak perempat final dengan skor 21-19, 18-21, 21-19.

Sementara, Liu/Ou melaju ke babak semifinal untuk menghadapi Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Wakil Malaysia itu melangkah ke babak empat besar seusai mengalahkan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Rambitan lewat pertarungan rubber game 14-21, 21-12, 22-20.