BAC 2022 - Peluang Juara Terbuka untuk Chen/Jia dan Watanabe/Higashino

Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Humas PP PBSI)
Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda putri China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dan ganda campuran Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino diprediksi dapat mencapai final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2022. Absennya juara Olimpiade Greysia Polii/Apriyani Rahayu serta performa menurun Praveen Jordan/Melatih Daeva Oktavianti, membuka jalan bagi Chen/Jia maupun Watanabe/Higashino untuk mendominasi kejuaraan perorangan Asia ini.

"Dalam nomor ganda putri, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan diprediksi akan bertemu wakil-wakil dari Korea atau Jepang di putaran final. Pada pertemuan sebelumnya, mereka (Chen/Jia) tidak menemukan kesulitan berarti," tulis Badminton Asia.

"Tanpa kehadiran pasangan juara Olimpiade Tokyo 2020 Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Chen/Jia sulit untuk dikalahkan."

Namun, ada kemungkinan Chen/Jia bertemu dengan Nami Matsuyama/Chiharu Shida, peraih gelar juara All England 2022. Pasangan Jepang ini sudah dua kali mengalahkan Chen/Jia dalam enam kali pertemuan.

Hal hampir serupa pada sektor ganda campuran. Meski ditempatkan di peringkat kedua, Watanabe/Higashiono berpotensi meraih podium teratas. "Kans mereka lebih besar ketimbang unggulan teratas China, Zheng Siwei/Huang Ya Qiong."

Badminton Asia juga menyebutkan, "pada sektor ini ada juara All England 2020 Praveen/Melati. Namun, dalam kurun waktu dua tahun terakhir, performa mereka tidak stabil. Bahkan belum mencapai posisi juara sekali pun di tahun 2022."

Chen/Jia, unggulan teratas ganda putri, bertemu dengan Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong dari Korea Selatan. Sementara, unggulan kedua ganda campuran Watanabe/Higashino bakal meladeni pasangan Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

BAC 2022 bergulir pada 26 April-1 Mei di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Filipina.