(Badminton Asia Team Championships) Kalah 2-3, Tim Putri Runner Up Grup Y

Ekspresi Choirunnisa (Indonesia).
Ekspresi Choirunnisa (Indonesia). (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tim putri Indonesia harus menelan kekalahan 2-3 dari Thailand di babak penyisihan Grup Y Badminton Asia Team Championships 2020 yang berlangsung di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, Kamis (13/2). Dengan demikian, Srikandi Merah Putih tetap dipastikan lolos ke babak perempat final meski harus puas menyandang status runner up di Grup Y.

Dua sumbangan poin untuk tim putri Indonesia berhasil dipersembahkan Gregoria Mariska Tunjung pada partai pembuka dan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto di partai keempat. Sayangnya, Ruselli Hartawan, Choirunnisa dan Apriyani Rahayu/Ni Ketut Mahadewi Istarani masih belum berhasil memetik kemenangan dan menyumbangkan poin untuk tim putri Indonesia.

Pada pertandingan melawan Thailand ini, Indonesia memang tidak menurunkan ganda putri terbaiknya, yakni Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Tim putri memutuskan untuk menurunkan Apriyani Rahayu/Ni Ketut Mahadewi Istarani dengan harapan bisa memberikan hasil maksimal seperti pada penampilan mereka di ajang SEA Games 2019 Filipina, Desember lalu. Tapi sayangnya, hasil kali ini berkata lain. Apriyani/Ketut dipaksa menyerah 13-21, 21-15 dan 17-21 dari Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.

“Pertimbangannya, selain kita mau mengistirahatkan Greysia, kalau melihat rekor pertemuan Greysia/Apriyani dengan ganda pertama Thailand kan menang-kalah. Kita mau mengamankan poin olimpiade mereka. Kalau kalah dari lawan yang rangkingnya di bawah, maka lawan akan mendapat poin sebesar 1/100 dari total poin rangking Greysia/Apriyani, jelas Manajer Tim Indonesia, Susy Susanti mengenai keputusan penurunan Apriyani/Ketut.

“Sebetulnya tadi cukup ramai dan sempat unggul, tapi di akhir ada kesalahan sendiri. Sedangkan Gregoria dan Fadia/Ribka mainnya bersih, bagus. Untuk Ruselli dan Choirunnisa, masih belum in ya, mainnya masih terburu-buru dan banyak error. Kita harus akui keunggulan Thailand, sambungnya menambahkan.

Dengan hasil ini, maka tim putri Indonesia akan berjumpa dengan juara dari grup lain yang baru akan ditentukan lewat pengundian malam nanti, setelah semua partai penyisihan selesai dimainkan. “Kekuatan para juara grup hampir merata, Jepang dan Korea masih yang terkuat. Tapi kita masih punya kesempatan, tutupnya.

 

Berikut hasil pertandingan babak penyisihan Grup Y Badminton Asia Team Championships 2020. Thailand 3 – 2 Indonesia:

  • Busanan Ongbumrungphan vs Gregoria Mariska Tunjung: 16-21 dan 12-21
  • Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai vs Apriyani Rahayu/Ni Ketut Mahadewi Istarani: 21-13, 15-21 dan 21-17
  • Pornpawee Chochuwong vs Ruselli Hartawan: 21-19, 18-21 dan 21-16
  • Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong vs Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto: 17-21 dan 12-21
  • Phittayaporn Chaiwan vs Choirunnisa: 21-18 dan 21-10