Dua Wakilnya ke Final, Korea Pastikan Gelar di Ganda Putri

Lee So Hee/Shin Seung Chan (Korea) mengembalikan shuttlecock. (Copyright: Badmintonphoto | Courtesy of BWF)
Lee So Hee/Shin Seung Chan (Korea) mengembalikan shuttlecock. (Copyright: Badmintonphoto | Courtesy of BWF)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tim bulutangkis Korea dipastikan membawa pulang gelar juara BWF World Tour Finals 2020 Bangkok melalui sektor ganda putri setelah dua wakilnya memastikan tiket ke babak final, besok (31/1). Lee So Hee/Shin Seung Chan dan Kim So Yeong/Kong Hee Yong berhasil menumbangkan lawan-lawannya lewat pertarungan yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Sabtu (30/1).

Lee/Shin lebih dulu lolos ke final berkat kemenangan dua game langsung atas pasangan Malaysia, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean dengan skor 21-14 dan 21-15. Lalu, Kim/Kong menyusul ke partai puncak setelah berhasil menumbangkan wakil tuan rumah, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai dalam permainan rubber game, 21-11, 12-21 dan 21-16 dalam tempo 69 menit.

“Saya senang kami bisa meraih kemenangan di semifinal ini. Kami berada di grup yang sama dengan pasangan Malaysia itu, jadi kami sudah mengetahui mereka dengan baik dan berpikir ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Kami kembali dan menonton pertandingan sebelumnya melawan mereka. untuk melihat bagaimana kami bermain dan menganalisis permainan mereka dan mengetahui rencana sehingga kami dapat melakukannya dengan baik,” beber Lee So Hee kepada Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

“Kami melakukan banyak analisis dari rekaman itu dan belajar tentang strategi mereka, gaya mereka. Saya pikir kami melakukannya dengan baik,” timpal Shin Seung Chan menambahkan.

Besok akan menjadi pertemuan keenam bagi kedua Lee/Shin dan Kim/Kong. Sejauh ini, Lee/Shin unggul 3-2 dalam catatan pertemuan dengan Kim/Kong. Namun ganda putri nomor empat dunia itu harus menelan kekalahan pada pertemuan sebelumnya di ajang Toyota Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000, pekan kemarin. Saat itu, Lee/Shin kalah dengan skor 18-21 dan 19-21.

Meski demikian, mereka tak ingin larut dalam kekalahan pekan lalu, Lee/Shin mengaku senang bisa mencapai babak final juara BWF World Tour Finals 2020 Bangkok dan akan tampil maksimal pada pertandingan besok. “Kami senang telah mencapai final dan tentu saja kami ingin menang. Jadi kami akan melakukan yang terbaik (besok),” kata Lee.