French Open 2021 - Kalahkan Wakil Tuan Rumah, Fajar/Rian ke Perempat Final

Fajar Alfian & Muhammad Rian Ardianto (Badminton Photo/Yohan Nonotte)
Fajar Alfian & Muhammad Rian Ardianto (Badminton Photo/Yohan Nonotte)
Internasional ‐ Created by Junius

Jakarta | Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memastikan diri lolos ke babak perempat final French Open 2021. Kepastian itu didapat setelah ganda putra Indonesia unggulan ketiga turnamen tersebut, menang dua gim langsung 21-12, 21-15 atas wakil tuan rumah, Christo Popov/Toma Junior Popov, pada babak 16 di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Prancis, Kamis (28/10) malam WIB.

Pada awal gim pertama, Fajar/Rian baru mampu mengungguli lawannya dalam kedudukan 8-5. Sampai akhirnya mereka bisa menjaga keunggulan itu hingga interval gim pertama dengan skor 11-7. Seusai interval, Fajar/Rian semakin memperlebar jarak setelah unggul jauh 15-8. Mereka bahkan berhasil menutup gim pertama dengan skor 21-12.  

Fajar/Rian yang mulai menemukan permainan terbaiknya dan sukses memperlebar jarak poin di gim kedua dengan keunggulan 5-0. Di sisi lain, Popov bersaudara kerap melakukan kesalahan sendiri yang menguntungkan Fajar/Rian, yang dengan mudah menutup interval gim kedua dengan keunggulan 11-3. Jarak poin yang cukup jauh membuat Fajar/Rian kian leluasa menutup gim kedua 21-15.

Rian mengaku bersyukur dapat meraih kemenangan. Terlebih, lawan yang mereka hadapi merupakan pasangan andalan tuan rumah. "Syukur Alhamdulillah, bisa menang dan tanpa cedera. Kita tadi main fokus, tidak memikirkan mereka andalan tuan rumah. Poin demi poin. Tidak terpengaruh suasana lapangan yang dukung mereka," kata Rian dalam siaran pers PP PBSI.

Fajar menambahkan, "Kunci kemenangan hari ini kita main enjoy dan selalu fokus. Dan kita tadi lebih siap di lapangan. Minggu keenam di Eropa dan ini turnamen keempat, pasti lelah tapi target kami mau lebih baik dari turnamen sebelumnya."

Pada perhelatan Denmark Open 2021, Fajar/Rian hanya mampu menembus babak perempat final. Pasangan muda Indonesia ini disingkirkan ganda putra Malaysia Goh Sze Fei/Nur Izzudin 18-21, 17-21.

Kemudian pada French Open 2021, Fajar/Rian telah mencapai babak perempat final dan bakal berhadapan dengan pemenang antara Takuro Hoki/Yugo Kobayashi asal Jepang dan Ben Lane/Sean Vendy dari Inggris.