Hylo Open 2022 - Rinov/Pitha Lalui Babak Pertama, Zacha/Bela Mundur

Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela (Humas PP PBSI)
Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari berhasil melampui babak 32 besar Hylo Open 2022, Selasa (1/11), di Saarlandhalle Saarbrücken, Saarbrücken, Jerman, berkat kemenangan atas wakil tuan rumah Jones Ralfy Jansen/Linda Efler. Unggulan ketujuh tersebut menang tiga gim 18-21, 21-13, 21-19 dalam tempo 58 menit. Namun, wakil "Merah Putih" lainnya pada sektor ganda campuran, Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela, memutuskan mundur dari pertandingan pada gim ketiga.

"Yang pasti, kami bersyukur bisa menang hari ini. Pertandingan hari ini juga tidak mudah dan harus melalui pertandingan sengit. Skornya juga ketat di gim ketiga," tanggap Rinov, melaui keterangan pers Humas PP PBSI, Selasa (1/11) malam WIB.

"Yang sedikit membuat kami kurang bisa bermain baik, mungkin disebabkan faktor shuttlecock-nya. Jenis shuttlecock yang digunakan di turnamen Hylo Open ini terus terang cukup susah dikendalikan. Ini membuat penampilan kami belum bisa maksimal seperti yang kami harapkan," Rinov, menambahkan.

Di babak 16 besar, Rabu (2/11), Rinov/Pitha akan bersua wakil Prancis, Lucas Corvée/Sharone Bauer. "Untuk menghadapi pertandingan di babak kedua, kami harus lebih siap lagi, baik fokus, stamina, dan strategi permainannya. Selain itu kami juga harus menjaga kondisi," ungkap Rinov.

Sementara, Zacha/Bela memutuskan mundur dari pertandingan pada gim ketiga saat berhadapan dengan pasangan Denmark, Mathias Thyrri/Amalie Magelund. Zacha/Bela memenangi gim pertama 23-21. Namun, laga ini harus dilanjutkan ke gim ketiga setelah Thyrri/Magelund menang pada gim kedua dengan skor 17-21. Pada gim penentu, Zacha/Bela, memilih mundur saat skor 9-15.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari pihak penyelenggara turnamen maupun PP PBSI, terkait penyebab Zacha/Bela mundur atau retired dari pertandingan.

Di hari pembuka Hylo Open 2022, selain Zacha/Bela, tercatat dua wakil Indonesia lainnya yang tersisih, yakni ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.