Karena Persiapan Olimpiade, Ratu Bulutangkis Dunia ‘Ogah’ Divaksin

Tunggal putri nomor satu dunia asal Taiwan, Tai Tzu Ying mengembalikan shuttlecock.
Tunggal putri nomor satu dunia asal Taiwan, Tai Tzu Ying mengembalikan shuttlecock.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pebulutangkis tunggal putri Taiwan nomor satu dunia, Tai Tzu Ying dikabarkan belum mau menerima vaksinasi Covid-19. Alasannya dilatarbelakangi kondisi medis pribadi dan menyangkut persiapannya jelang Olimpiade Tokyo 2020 yang dijadwalkan berlangsung pada Juli hingga Agustus 2021 mendatang. Padahal, hampir semua rekannya di tim nasional Taiwan, sudah menerima vaksinasi.

Sebagaimana dilansir Bolalob.com dari sports.ltn.com, Ayah Tai Tzu Ying, Tai Nan Kai menjelaskan bahwa Ratu Bulutangkis Dunia itu tidak mentah-mentah menolak vaksinasi Covid-19. Tai Nan Kai mengatakan jika putrinya itu tengah menyesuaikan siklus menstruasinya dengan cara mengonsumsi obat, tentunya dengan anjuran dan pengawasan dokter. Hal tersebut dilakukan Tzu Ying demi memaksimalkan penampilannya di Olimpiade Tokyo 2020 nanti.

Jadi, menurut sang ayah, program penyesuaian siklus menstruasi yang sedang dijalani Tzu Ying jelang Olimpiade itu tidak cocok dengan komposisi yang terkandung dalam vaksinasi Covid-19 (vaksin AstraZeneca) ini, karena diduga dapat menyebabkan interaksi. Untuk itu, Tzu Ying memilih untuk tidak mendapatkan vaksinasi terlebih dahulu.

“Setelah berdiskusi dengan tim medis, dia yang sedang mengarus siklus menstruasinya dengan obat-obatan, tidak dalam kondisi yang cocok untuk menerima vaksin,” kata Tai Nan Kai dari sports.ltn.com.tw.

Meskipun Tzu Ying menolak tawaran vaksinasi sekarang, tapi juara All England 2020 BWF World Tour Super 1000 itu mengatakan bahwa dia tetap siap divaksin suatu hari nanti. Tapi dengan catatan jika kondisi fisiknya sudah memungkinkan.

Sementara itu, terkait persiapan teknis jelang Olimpiade, Tzu Ying berencana ambil bagian pada dua turnamen terakhir sebelum ke Tokyo. Dia akan berlaga di ajang Malaysia Masters 2021 BWF World Tour Super 750 (25-30 Mei) dan Singapore Open 2021 BWF World Tour Super 500 (1-6 Juni) mendatang.