Lee Zii Jia: Chou Tien Chen Lebih Siap Secara Mental

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia tumbang di perempat final Yonex Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000. (Copyright: Badmintonphoto | Courtesy of BWF)
Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia tumbang di perempat final Yonex Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000. (Copyright: Badmintonphoto | Courtesy of BWF)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Langkah pebulutangkis tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia harus terhenti di babak perempat final Yonex Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000. Bertanding di Impact Arena, Bangkok, Jumat (15/1), Zii Jia kalah 17-21 dan 15-21 dari wakil Taiwan, Chou Tien Chen. Ini menjadi kekalahan keempat yang dialami Zii Jia setiap kali bentrok dengan tunggal putra nomor dua dunia itu.

Zii Jia mengaku sudah berusaha tampil maksimal pada duel kali ini. Namun menurut dia, secara mental, Tien Chen jauh lebih siap. “Saya pikir Chou bermain sangat baik hari ini, terutama di game kedua. Ada banyak poin dari reli yang tidak bisa saya dapatkan. Jadi dari itu, saya pikir membuat dia lebih percaya diri. Tapi pada dasarnya dia bermain sangat baik hari ini,” ujar Lee Zii Jia dalam wawancara bersama Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

“Kami telah bermain banyak dan kami saling mengenal dengan sangat baik. Jadi tidak ada keuntungan di sana. Saya pikir kuncinya adalah kepercayaan dirinya sepanjang pertandingan dan dia lebih siap secara mental daripada saya hari ini,” tambah tunggal putra andalan Malaysia itu.

Di sisi lain, Chou Tien Chen juga menuturkan bahwa duelnya kontra Zii Jia hari ini tidaklah mudah. “Saya pikir itu pertandingan yang sulit. Kemarin saya melihat bahwa dia sangat kuat dan tangguh untuk dilawan. Saya pikir, saya memiliki lebih banyak kesabaran saat melawan dia. Dan saya bisa memenangkan sebagian besar reli yang panjang. Saya pikir dia ingin menyerang (terlalu banyak) dan mungkin dia kehilangan fokus,” tutur Chou Tien Chen.

Di semifinal Yonex Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000, besok (16/1), Tien Chen akan berhadapan dengan tunggal putra Hong Kong, Ng Ka Long Angus yang berhasil mengalahkan kompatriotnya, Lee Cheuk Yiu dengan skor 21-17 dan 21-12.

Di atas kertas, Tien Chen yang berstatus unggulan kedua jelas lebih diunggulkan untuk menang. Apalagi, Tien Chen tercatat sudah mengantongi sepuluh kemenangan atas Angus dalam 16 kali pertemuan sebelumnya.