Lee Zii Jia Mundur dari Commonwealth Games dan Singapore Open

Lee Zii Jia (Djarum Badminton)
Lee Zii Jia (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Kuala Lumpur | Tim bulu tangkis Malaysia kehilangan pemain tunggal putra Lee Zii Jia, yang menyatakan menarik diri dari Singapore Open 2022 pada 12-17 Juli dan Commonwealth Games 2022 (28 Juli-8 Agustus) di Birmingham, Inggris. Pebulu tangkis berperingkat lima dunia itu menyatakan akan fokus mempersiapkan diri untuk Kejuaraan Dunia 2022 di Tokyo, Jepang, 22-28 Agustus. Mundur dari pesta olahraga negara persemakmuran tersebut, menurutnya, merupakan keputusan sulit yang mesti diambil.

"Keputusan tersebut diambil karena alasan kondisi fisik saya yang telah melalui sejumlah turnamen secara beruntun," kata Lee, melalui jejaring sosial Twitter Astro Arena.

"Saya harus memilih antara Commonwealth Games dan Kejuaraan Dunia. Saya telah berdiskusi dengan tim dan kami memutuskan untuk mengalihkan fokus pada Kejuaraan Dunia," Lee, menambahkan.

Saat ini, atlet berusia 24 tahun tersebut tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti Malaysia Open 2022, 28 Juni-3 Juli dan Malaysia Masters, 5-10 Juli. Ia pun memutuskan menarik diri dari Singapore Open, yang sejatinya berlangsung beberapa hari setelah dua turnamen di Malaysia. Padahal, Asosiasi Bulu Tangkis Singapura pada akhir Mei 2022 telah mengumumkan keikutsertaan Lee di Singapore Open. Namun, belakangan nama Lee sudah tak terpampang lagi pada drawing tunggal putra yang dipublikasikan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia.

Lee, juara Kejuaraan Bulu Tangkis Asia pada awal Mei lalu, baru saja kembali dari Jakarta, selepas mengikuti Indonesia Masters 2022 dan Indonesia Open 2022. Ia mencapai babak perempat final Indonesia Masters dan menjadi semifinalis Indonesia Open 2022, usai dikalahkan pemain nomor satu dunia asal Denmark, Viktor Axelsen, dengan skor 21-19, 11-21, 21-23.

Sang pelatih Indra Wijaya menuturkan, Lee mengalami permasalahan pada pinggul yang didapatnya saat berlaga di Thailand Open, Mei lalu, dan hingga kini Lee masih dalam masa pemulihan. Oleh karenanya, lanjut Indra, tunggal putra andalan Malaysia itu sangat selektif dalam memilih turnamen maupun kejuaraan yang akan diikuti.