Lee/Wang dan Puavaranukroh/Taerattanachai Sapu Bersih Gelar Juara

Lee Yang/Wang Chi Lin (Taiwan) bersiap menyambut pengembalian.
Lee Yang/Wang Chi Lin (Taiwan) bersiap menyambut pengembalian.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tiga turnamen seri Asia 2020 resmi berakhir, Minggu (31/1) kemarin. Namun ancungan dua jempol patut ditujukan kepada ganda putra Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin dan ganda campuran Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Bagaimana tidak, Lee/Wang dan Puavaranukroh/Taerattanachai sukses menyapu bersih tiga gelar juara dari ajang Yonex Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000, Toyota Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000 dan BWF World Tour Finals 2020. Artinya, mereka tak terkalahkan sepanjang seri Asia 2020 ini.

Lee/Wang juara Yonex Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000 usai mengalahkan pasangan Malaysia, Goh V. Shem/Tan Wee Kiong dengan skor 21-16, 21-23 dan 21-19. Lalu sepekan setelahnya, mereka sukses menjuarai Toyota Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000 berkat kemenangan 21-13 dan 21-18 atas wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Terakhir, Lee/Wang menjadi kampiun di BWF World Tour Finals 2020 setelah berhasil mengalahkan ganda putra Indonesia nomor dua dunia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dengan skor 21-17 dan 23-21.

“Kami gugup datang ke final di sini (WTF), kami melawan idola kami. Saya berpikir, oh my god! Tiga gelar yang luar biasa. Sungguh menakjubkan dan kami akan terus meningkatkan diri. Kami banyak fokus pada pertandingan dan menggunakan kecepatan kami,” kata Lee Yang dalam wawancara bersama Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

“Kemenangan ini membuat kami sangat bahagia. Kami menghadapi idola kami. Gelar ini sulit dipercaya. Kami merasa sangat baik karena kami kalah dari mereka (Ahsan/Setiawan) di masa lalu, jadi dalam dua minggu kami telah mengalahkan mereka dua kali, itu benar-benar besar. Ini memberi kami kepercayaan diri. Kami lelah sekarang, tapi karena kami masih muda, kami menggunakan semangat juang kami di lapangan. Setiap pertandingan dan setiap kemenangan adalah kenangan terbaik kami berada di sini,” sambung Wang Chi Lin menambahkan.

Sementara itu, rakyat Thailand benar-benar dibuat bangga lewat pencapaian Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai yang juga sukses mencetak hattrick di Seri Asia 2020 ini. Mereka juara di ajang BWF World Tour Finals 2020, Toyota Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000 dan Yonex Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000. Pencapaian ini tentunya sangat berarti serta membanggakan bagi mereka dan masyarakat Negeri Gajah Putih. Hasil ini tentu akan tercatat dalam sejarah bulutangkis Thailand.

“Saya merasa sangat senang dan bangga menjadi orang Thailand. Kami akan mencoba yang terbaik di pertandingan berikutnya juga,” tutur Sapsiree Taerattanachai.