Luxembourg Open 2022 - Chiara Juara!

Aura Ihza Aulia & Chiara Marvella Handoyo (PB Djarum)
Aura Ihza Aulia & Chiara Marvella Handoyo (PB Djarum)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Chiara Marvella Handoyo keluar sebagai juara tunggal putri Luxembourg Open 2022, Minggu (8/5), setelah mengalahkan rekan senegaranya, Aura Ihza Aulia. Chiara menang dua gim langsung dengan skor identik 21-9, 21-9 dalam pertandingan berdurasi 26 menit. Chiara dan Aura berjuang mencapai partai puncak turnamen ini melalui babak kualifikasi. Keduanya juga bermain bersama pada sektor ganda putri.

"Perjuangan anak-anak ini sangat luar biasa. Merangkak dari kualifikasi saja, sudah bertemu lawan-lawan di atas mereka," kata pelatih tunggal putri PB Djarum, Lukman Hakim.

"Justru yang tidak diduga adalah Aura di sektor tunggal, karena dia ketemu lawan-lawan berat. Ada dua lawan asal India yang cukup berat, tapi berhasil dilawan dan Aura bisa menang," Lukman, menambahkan.

Sementara, Chiara, 17 tahun, memulai babak kualifikasi dengan mengalahkan unggulan keenam dari Belanda, Nadia Choukri, lalu Julie Franconville dari wakil Swiss. Chiara tak pernah kehilangan satu gim pun pada babak kualifikasi.

Atlet kelahiran Klaten, Jawa Tengah, ini, meneruskan tren kemenangan straight games atas lawan-lawannya sejak babak 32 besar hingga semifinal Basia Grodynska dari Skotlandia, unggulan ketujuh Helis Pajuste (Estonia),  Gauri Shidhaye (Inggris), dan Dounia Pelupessy (Swiss).

Chiara begitu mendominasi laga final. Jelang pengujung pertandingan, pebulu tangkis berusia 17 tahun itu telah mengantongi 13 match point, sebelum menyudahi pertandingan dengan skor identik.