(Malaysia Masters) Tahun Baru, Juara Baru

Lee Yong Dae (Korea).
Lee Yong Dae (Korea).
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Kejuaraan Malaysia Masters 2020 BWF World Tour Super 500 yang berlangsung di Axiata Arena, Kuala Lumpur mulai 7 hingga 12 Januari, kemarin telah melahirkan juara-juara baru di setiap sektornya. Tiongkok tampil mendominasi dengan menggondol tiga gelar juara. Sedangkan pasangan asal Korea, Kim Gi Jung/Lee Yong Dae sukses membuat kejutan di nomor ganda putra.

Tiga gelar untuk Tiongkok berhasil dipersembahkan tunggal putri Chen Yun Fei, ganda putri non unggulan Li Wen Mei/Zheng Yu dan ganda campuran Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. Sementara gelar juara di sektor tunggal putra menjadi milik pebulutangkis nomor satu dunia asal Jepang, Kento Momota.

Yang cukup menjadi perhatian adalah pasangan Kim/Lee. Ganda putra Korea ini keluar sebagai juara usai menumbangkan unggulan ketiga asal Tiongkok, Li Jun Hui/Liu Yu Chen dalam pertarungan dua game langsung dengan skor 21-14 dan 21-16.

“Ini adalah titel Super 500 pertama kami dan juga turnamen pertama tahun ini, rasanya hebat. Tahun lalu, kami tak bisa bermain dan berlatih sebanyak yang kami inginkan. Fakta kami bisa menang pekan ini membuat pikiran kami menjadi nyaman, kata Kim Gi Jung setelah kemenangan di Malaysia Masters 2020, seperti dilansir situs BWF, sebagaimana dikutip dari Bola.com.

Lewat gelar perdana yang berhasil diraihnya pada turnamen pembuka di tahun ini lantas membuat kepercayaan diri Kim/Lee meningkat untuk membahas peluang mereka ke Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Meski begitu, keduanya mengatakan bila untuk mendapatkan tiket ke Olimpiade tidak akan mudah begitu saja.

“Pada 2020, ini baru turnamen pertama. Kami ingin memastikan bermain tanpa cedera. Ini tahun Olimpiade, kami belum punya poin, tapi masih ada waktu. Kami akan terus berlatih dan bekerja keras dan melihat apa yang bisa kami lakukan pada sisa musim ini,” ungkap Kim Gi Jung, seperti dilansir situs BWF, dikutip dari Bola.com.