Pelatih Endo/Watanabe Siap Perpanjang Kontrak

Tan Kim Her (kanan) siap perpanjang kontrak dengan Asosiasi Bulutangkis Jepang.
Tan Kim Her (kanan) siap perpanjang kontrak dengan Asosiasi Bulutangkis Jepang. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Kesuksesan yang dipetik ganda putra Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe saat merebut tahta juara di ajang All England 2020 BWF World Tour Super 1000, Maret lalu, tak lepas dari campur tangan sang pelatih, Tan Kim Her. Di bawah asuhan Tan, Endo/Watanabe berhasil menjadi kampiun lewat kemenangan 21-18, 12-21 dan 21-19 atas pasangan nomor satu dunia asal Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Masih belum puas dengan pencapaian tersebut, pelatih berkebangsaan Malaysia itu dikabarkan siap untuk memperpanjang kontrak kerjanya dengan Asosiasi Bulutangkis Jepang (Nippon Badminton Association/NBA). Kontrak Tan dengan NBA dikabarkan akan kedaluwarsa pada Maret 2021 mendatang. Meski demikian, Tan bisa segera meneken kontrak baru karena pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020 terpaksa harus diundur hingga tahun depan.

Asosiasi Bulutangkis Jepang jelas sangat ingin memperpanjang masa bakti Tan. Kesuksesannya mengarsiteki Endo/Watanabe hingga menjuarai All England 2020 BWF World Tour Super 1000 dan tampil superior atas The Minions lewat enam kemenangan beruntun menjadi alasan NBA untuk Tan tetap bertahan.

Bukan cuma Tan Kim Her, NBA juga dikabarkan akan menyodorkan perpanjangan kontrak kepada pelatih ganda campuran, Jeremy Gan. Namun Kepala Pelatih Park Joo-bong dan ketiga pelatih lainnya yakni Kei Nakashima (ganda putri), Choi Sang-beom (tunggal putri) dan Yosuke Nakanishi (tunggal putra) sangat diharapkan untuk bisa terus bersinergi dengan Timnas Bulutangkis Jepang sampai Olimpiade Tokyo 2020 yang akan digelar pada tahun depan.

“Aku ingin semua orang melanjutkan. Saya pikir Park (Joo-bong) berniat melakukannya, dan begitu juga staf pelatih lainnya,” ujar Sekretaris Jenderal NBA, Kinji Ziniya kepada surat kabar harian olahraga Jepang, Nikkan Sports dilansir dari media The Star.