Piala Thomas 2020 - Kemenangan atas Aljazair Bukan Patokan

Herry Iman Pierngadi (Badminton Photo/Raphael Sachetat)
Herry Iman Pierngadi (Badminton Photo/Raphael Sachetat)
Internasional ‐ Created by Junius

Jakarta | Tim bulu tangkis Indonesia menang atas Aljazair 5-0 pada laga perdana babak penyisihan Grup A Piala Thomas 2020, di Ceres Arena, Denmark, Sabtu (9/10) malam waktu setempat. Namun, kepala pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi, berpendapat, kemenangan itu bukan patokan untuk bahan evaluasi jelang partai berikut melawan Thailand, Senin (11/10). Kualitas permainan skuad Aljazair, menurutnya, masih di bawah para pemain Indonesia.

"Secara teknis tidak ada yang bisa dievaluasi karena handicap lawan yang terlalu jauh," kata Herry melalui siaran pers tim Humas dan Media PP PBSI, Minggu (10/10).

Perbedaan kualitas antara Aljazair dan Thailand, juga diakui pemain ganda Indonesia Hendra Setiawan. Meski demikian, ia tak menampik bahwa kemenangan atas Aljazair akan memberikan rasa percaya diri kepada para pemain. "Kemenangan 5-0 ini, saya rasa akan menambah kepercayaan diri para pemain untuk menghadapi Thailand di pertandingan hari Senin lusa, yang pastinya tidak gampang," jelasnya.

Sebelumnya, Hendra bersama Mohammad Ahsan bisa melewati hadangan Koceila Mammeri/Youcef Sabri Medel dari Aljazair, tanpa tekanan berat. Turun di partai keempat, Hendra/Ahsan berhasil mengatasi perlawanan Koceila/Youcef dalam tempo yang relatif singkat, yakni 23 menit. Pasangan berjuluk "The Daddies" ini menang 21-9, 21-15. Indonesia pun unggul 4-0 atas Aljazair.

"The Daddies" merasa bersyukur bisa kembali bertanding. Maklum, ini menjadi laga pertama mereka sejak berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 pada Juli 2021. "Ini merupakan pertandingan pertama kami. Semoga penampilan kami semakin baik jika diturunkan pada pertandingan selanjutnya," kata Hendra.

"Bersyukur saja bisa menyesuaikan diri dengan kondisi pertandingan, apalagi setelah lama kami tidak diturunkan," Ahsan, menimpali pernyataan tandemnya.

Sementara, pasangan muda Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga tak mau ketinggalan menyumbang angka. Pasangan berjulukan "The Babies" ini berhasil mengakhiri perlawanan Mohamed Abderrahime Belarbi/Adel Hamek 21-3, 21-11. Dengan tambahan angka dari Leo/Daniel, tim Indonesia akhirnya menang telak 5-0 atas Aljazair.

"Kami senang bisa menyumbangkan angka. Cuma kualitas lawannya memang jauh. Meskipun begitu, ini baru awal dari perjalanan kami sebagai pemain," ungkap Daniel.

Berikut hasil pertandingan Piala Thomas 2020, Indonesia melawan Aljazair (5-0):

  • Jonatan Christie vs Youcef Sabri Medel 21-8, 21-8
  • Shesar Hiren Rhustavito vs Mohamed Abderrahime Belarbi 21-6, 21-12
  • Chico Aura Dwi Wardoyo vs Adel Hamek 21-11, 21-6
  • Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan vs Koceila Mammeri/Youcef Sabri Medel 21-9, 21-15
  • Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Mohamed Abderrahime Belarbi/Adel Hamek 21-3, 21-11