SEA Games 2023 - Ester Antusias Hadapi SEA Games Mendatang

Ester Nurumi Tri Wardoyo (Humas PP PBSI)
Ester Nurumi Tri Wardoyo (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Pebulu tangkis muda Indonesia Ester Nurumi Tri Wardoyo mengaku sangat antusias menghadapi SEA Games mendatang di Thailand, karena ia ingin memberikan hasil yang lebih baik untuk Indonesia dibanding yang diraihnya di SEA Games 2023 Kamboja. Meski bermain sebagai debutan pada SEA Games edisi ke-32 tersebut, Ester mampu mempersembahkan satu medali perak dan satu medali perunggu.

"Puas, cuman ke depannya kalau diberikan kepercayaan lagi (tampil di SEA Games) ingin memberikan hasil yang lebih baik lagi," kata Ester, mengutip laporan Antara, Jumat (19/5).

Pebulu tangkis berusia 17 tahun itu tampil di kategori tim putri dengan perolehan medali perak dan tunggal putri dengan perolehan medali perunggu. Pada dua kategori tersebut, upaya Ester meraih medali emas digagalkan pemain Thailand.

Menurut adik dari pebulu tangkis Chico Aura Dwi Wardoyo itu, para pemain Thailand mempunyai pengalaman yang lebih dibanding dirinya. "Pemain Thailand lebih berpengalaman, dia juga tahu strategi dan bermain di lapangan lebih baik. Saya kemarin lebih kalah pengalaman dan kurang sabar mainnya," ungkap atlet kelahiran Jayapura, Papua itu.

Di babak  16 besar, Ester menang atas wakil Malaysia Xin Yee Ong. Kemudia ia berhasil meraih tiket semifinal, seusai mengalahkan unggulan ketiga asal Vietnam, Thuy Linh Nguyen. Namun, pebulu tangkis peringkat ke-56 dunia itu menyerah di babak empat besar tunggal putri dari unggulan kedua Thailand Supanida Katethong dengan skor 11-21, 10-21.

Tim bulu tangkis Indonesia memang banyak menurunkan pebulu tangkis debutan di ajang SEA Games Kamboja kali ini untuk tahap regenerasi. Namun, Indonesia tetap tampil apik dengan menyabet juara umum bulu tangkis dengan perolehan total 11 medali.

Tim bulu tangkis "Merah Putih" meraih lima medali emas, tiga medali perak, dan tiga medali perunggu. Perolehan itu terlampau jauh untuk dikejar Thailand di peringkat kedua yang memperoleh dua medali emas, dua medali perak dan tiga medali perunggu.