SEA Games 2023 - PBSI Kirim Skuad Pelapis

Rionny Mainaky (Djarum Badminton)
Rionny Mainaky (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menyatakan, formasi tim yang dikirimkan ke SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja, akan diisi para pemain pelapis. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Rionny Mainaky menilai, susunan pemain pelapis yang dipilih terbilang cukup kuat sehingga pihaknya memiliki optimisme tinggi untuk tidak membawa tim utama.

"Saya sudah kasih, sudah dipilih," ungkap Rionny seperti dilaporkan Antara, Selasa (7/3).

Meski akan membawa tim pelapis, PBSI menaruh kepercayaan tinggi kepada para pemainnya karena secara kualitas punya kekuatan yang bisa bersaing dengan lawan-lawan dari Asia Tenggara.

Bahkan, PBSI menilai kemampuan para pebulu tangkis pelapis tak kalah dari sektor utama, yang nantinya akan diarahkan untuk mengikuti Piala Sudirman karena berlangsung dalam waktu hampir bersamaan dengan SEA Games 2023. "Tapi di SEA Games kita tidak terlalu kendala karena juga ada pelapis, kan, banyak yang kuat-kuat seperti misalnya Chico (Aura Dwi Wardoyo)," jelas Rionny.

Meski belum secara rinci menyebutkan susunan lengkap timnas di SEA Games, namun Rionny yakin timnya bisa mengulangi kesuksesan SEA Games 2021 di Vietnam yang memboyong tiga medali emas. "Tidak ada masalah, di SEA Games juga targetnya bisa. Saya yakin bisa, justru yang muda lebih lebih loss karena SEA Games kelihatannya kecil tapi pressure lebih gede dari Asian Games atau Olimpiade," ujar Rionny.

SEA Games 2023 akan berlangsung pada 5-17 Mei, sedangkan Piala Sudirman dilangsungkan pada 14-21 Mei di Suzhou, China. PBSI berpendapat, kejuaraan beregu itu lebih bergengsi daripada SEA Games, sehingga pebulu tangkis utama akan mewakili "Merah Putih" pada agenda tersebut. "Ya di sana memang 'full team' lagi di Sudirman," pungkasnya.