(SEA Games) Ruselli Singkirkan Unggulan Empat

Ruselli Hartawan (Indonesia) bersiap menghadang pengembalian.
Ruselli Hartawan (Indonesia) bersiap menghadang pengembalian. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Satu tempat di babak perempat final kembali berhasil direbut wakil Indonesia pada ajang SEA Games 2019 Filipina. Kali ini, tiket ke delapan besar berhasil diamankan tunggal putri Ruselli Hartawan. Menghadapi unggulan keempat asal Singapura, Yeo Jia Min di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Kamis (5/12), Ruselli menang dengan skor 21-16, 22-24 dan 19-9.

Duel kedua pebulutangkis ini tidak berakhir dengan tuntas. Saat unggul 19-9 di game ketiga, Ruselli akhirnya langsung memastikan kemenangannya setelah Yeo memutuskan untuk mundur dari pertarungan lantaran mengalami sakit pada lututnya.

Terlepas dari cedera yang dialami Yeo, penampilan Ruselli pada laga kali ini memang sudah cukup baik. Apalagi, tunggal putri jebolan PB Jaya Raya Jakarta ini punya catatan manis setiap kali bentrok dengan Yeo. Dari empat pertemuan sebelumnya, Ruselli tercatat mampu mengoleksi tiga kali kemenangan atas Yeo. Terakhir kali bertemu di ajang Singapore Open 2019 BWF World Tour Super 500, April lalu, Ruselli juga menang 21-18, 17-21 dan 21-15.

“Game pertama sudah megang, karena di pertemuan terakhir saya juga menang dari dia. Di game kedua nggak tahu kenapa setelah unggul jadi pengen buru-buru matiin lawan. Berapa kali bola nanggung malah nyangkut, terus pengamatannya juga kurang akurat,” kata Ruselli Hartawan.

“Di game ketiga dari awal dia kaya sudah nggak enak. Tapi saya nggak mau fokus ke dia, takutnya malah saya yang tertekan sama keadaan. Jadi saya konsentrasi sama permainan saya saja,” lanjutnya menambahkan.

Selanjutnya di perempat final SEA Games 2019 Filipina, Ruselli sudah ditunggu wakil Myanmar, Thet Htar Thuzar. Sebelumnya, Thet Htar menang 18-21, 21-15 dan 12-5 atas tunggal putri Malaysia, Soniia Cheah. Di pertengahan game ketiga, Cheah memutuskan mundur karena sakit di bagian belakang pinggangnya.

Ruselli mengaku senang bisa lolos ke babak delapan besar. Ia tak menyangka akhirnya bisa turun di nomor perorangan. Ruselli awalnya hanya bermain di nomor beregu putri. Namun ia kemudian diturunkan untuk menggantikan Fitriani yang mengalami cedera engkel kiri.

“Rasanya nggak menyangka bisa turun main di perorangan. Karena dari awal tidak dipersiapkan buat main. Tapi setelah beregu saya sempat disuruh siap-siap menggantikan Gregoria pas dia sakit. Terus ternyata nggak jadi, dia tetap main. Akhirnya saya disuruh menggantikan Fitriani. Tentunya saya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini. Sudah sampai di sini, saya berharap bisa menyumbangkan medali, apapun itu,” tandasnya.