Setelah Pensiun, Lin Dan Mulai Bermain Golf

Lin Dan (Tiongkok) saat menjalani sesi latihan.
Lin Dan (Tiongkok) saat menjalani sesi latihan.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Legenda bulutangkis Tiongkok, Lin Dan diketahui mulai menjajal cabang olahraga lain setelah memutuskan untuk gantung raket pada 4 Juli 2020 lalu. Saat ini, mantan pebulutangkis tunggal putra nomor satu dunia itu mulai menekuni olahraga golf. Meski begitu, Lin Dan belum benar-benar jauh dari dunia bulutangkis.

“Saya mulai belajar (main) golf. Saya berharap bisa bermain golf lebih baik sehingga saya bisa berpartisipasi pada beberapa kompetisi golf amatir di waktu yang akan datang,” kata Lin Dan mengutip BolaSport.com dari Badminton Planet.

Pasca pensiun, Lin Dan menceritakan bahwa dia cukup banyak menghabiskan waktu bersama keluarganya dalam empat bulan terakhir. “Beberapa bulan terakhir ini cukup mudah bagi saya dibandingkan dengan saat saya di tim nasional. Jika saya tidak memiliki pekerjaan atau rapat lain yang harus saya hadiri, saya biasanya tetap di rumah bersama anak,” tuturnya.

“Saya mengantar dan menjemput anak dari sekolah dan bermain bersama dia,” lanjutnya menambahkan.

Selain mempelajari golf dan menghabiskan waktu bersama keluarga, peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012 itu juga baru saja mengelar kejuaraan bertajuk Lin Dan Badminton Elite Championships di Guangzhou, Tiongkok. Tujuannya sederhana, Lin Dan ingin mempromosikan olahraga bulutangkis di antara pemain amatir.

Lebih lanjut Lin Dan menuturkan, meski tidak lagi aktif bermain bulutangkis setelah memutuskan gantung raket, dia berharap tetap bisa mempromosikan bulutangkis di tingkat lain. “Saat ini, banyak anak yang memiliki tugas sekolah berat yang juga berujung pada masalah kegemukan. Saya ingin bekerja sama dengan sekolah dan membiarkan lebih banyak anak mengambil raket bulutangkis,” tandasnya.