Tai Tzu Ying Tetap Berlatih Seperti Biasanya

Ekspresi Tai Tzu Ying (Taiwan).
Ekspresi Tai Tzu Ying (Taiwan).
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Setelah hampir delapan bulan lamanya tidak berkompetisi, tunggal putri nomor satu dunia asal Taiwan, Tai Tzu Ying mengaku tetap menjalani latihan seperti biasanya. Pada awal-awal masa penguncian wabah virus korona, dia memang belum bisa berlatih secara intensif. Tapi setelah itu, juara All England 2020 BWF World Tour Super 1000 ini mulai bisa menjalani latihan dengan porsi normal seperti sebelumnya.

“Sejujurnya, tidak ada yang berbeda saat sekarang dan sebelumnya (soal porsi dan program latihan). Saya tetap melakukan latihan seperti biasanya, bahkan tidak memperkuat bagian tertentu. Tapi saya rasa saya harus tahu apa yang saya pelajari ketika berlatih,” kata Tai Tzu Ying dalam wawancara bersama Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

Meski tetap menjalani latihan seperti biasanya, Tzu Ying menuturkan bahwa dia belum begitu yakin bisa mengaplikasikan hasil latihannya selama ini di pertandingan resmi.

“Tapi selama belum ada kompetisi, saya tidak tahu pasti apakah yang saya latih selama ini bisa berjalan saat pertandingan nanti. Ketika berpikir apakah saya bisa benar-benar kembali bertanding setelah sekian lama tidak ada kompetisi, saya sadar mungkin saya tidak bisa langsung mengendalikan permainan,” tuturnya.

Ratu bulutangkis dunia itu mengatakan, ketika benar-benar bisa kembali berkompetisi, dia pesimistis bisa beradaptasi dengan cepat pada atmosfer pertandingan. “Mungkin saja saya akan kesulitan membiasakan diri dengan suasa lapangan atau kesulitan menemukan dan mengembalikan ritme permainan,” ujarnya.

“Saya mungkin butuh beberapa pertandingan untuk mengembalikan performa itu. Mengingat kondisi saat ini, saya rasa semua pemain mengalami masalah yang sama. Kami semua dalam kondisi yang sama. Tapi balik lagi, itu semua tergantung pada individual kami masing-masing,” sambungnya menambahkan.