Taipei Open 2022 - Tuan Rumah Gagal Jadi Juara Umum

Chou Tien Chen (Djarum Badminton)
Chou Tien Chen (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda putra Taiwan Lee Yang/Wang Chi Lin yang tampil di partai terakhir babak final Taipei Open 2022 gagal menyumbang kemenangan penentu bagi tuan rumah, untuk mengamankan gelar juara umum setelah dikalahkan pasangan asal Malaysia, Minggu (24/7). Peraih medali emas Olimpiade Tokyo itu dikalahkan Man Wei Chong/Kai Wun Tee lewat tiga gim 18-21, 21-11, 18-21 setelah berjuang selama 54 menit di Taipei Heping Basketball Gymnasium.

Antara melaporkan, dari tiga wakil Taiwan yang berlaga hingga babak final, hanya Lee/Wang yang gagal merebut gelar juara. Sementara dua wakil lainnya yaitu tunggal putri Tai Tzu Ying dan tunggal putra Chou Tien Chen masing-masing menaiki podium tertinggi dari turnamen level BWF Super 300 ini.

Chou yang tampil di partai kedua, berhasil menjadi juara dengan memperpanjang nasib Kodai Naraoka sebagai runner-up dalam dua turnamen secara beruntun.

Sebelumnya di ajang Singapore Open, pebulu tangkis asal Jepang ini juga harus puas menjadi runner-up setelah dikalahkan tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di babak final.

Berlaga di kandang sendiri, Chou yang menjadi unggulan teratas harus bersusah payah merebut kemenangan. Pebulu tangkis yang bertengger di peringkat keempat Federasi Badminton Dunia (BWF) ini perlu 61 menit untuk membungkam Naraoka dalam rubber game 14-21, 21-10, 21-6.

Usai penampilan Chou, giliran Tai yang tampil membela timnya, juga dengan menghadapi wakil Jepang, Saena Kawakami.

Berbeda dengan dua sejawatnya yang tampil alot dalam tiga gim, Tai hanya butuh dua gim langsung untuk menyabet gelar kedua bagi Taiwan. Tidak hanya juara, Tai juga mempertebal rekor pertemuannya dengan Kawakami menjadi 4-0 dalam pertandingan hari ini setelah unggul 21-17, 21-16.

Selain Taiwan yang mengamankan dua gelar, Hong Kong juga menjadi peserta lainnya yang duet gelar lewat kemenangan ganda campuran Lee Chun Hei Reginald/Ng Tsz Yau, dan ganda putri Ng Tsz Yau/Tsang Hiu Yan.

Negara terakhir yang menjadi juara tentu saja Malaysia, lewat ganda putra unggulan keenam Man/Kai yang menundukkan wakil tuan rumah, demikian dilansir BWF melalui laman resminya.

Berikut hasil pertandingan babak final Taipei Open 2022, Minggu:

Ganda Campuran
Lee Chun Hei Reginald/Ng Tsz Yau (Hong Kong) vs Ruttanapak Oupthong/Chasinee Korepap (Thailand) 21-8, 21-9

Tunggal Putra
Chou Tien Chen (Taiwan) vs Kodai Naraoka (Jepang) 14-21, 21-10, 21-6

Tunggal Putri
Tai Tzu Ying (Taiwan) vs Saena Kawakami (Jepang) 21-17, 21-16

Ganda Putri
Ng Tsz Yau/Tsang Hiu Yan (Hong Kong) vs Rui Hirokami/Yuna Kato (Jepang) 21-15, 18-21, 21-19

Ganda Putra
Man Wei Chong/Kai Wun Tee (Malaysia) vs Lee Yang/Wang Chi Lin (Taiwan) 21-18, 11-21, 21-18