(Thailand Open) Menang Tipis, Fajar/Rian Melangkah ke Babak Dua

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia) bersiap menyambar pengembalian tanggung.
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia) bersiap menyambar pengembalian tanggung. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tiket babak dua Thailand Open 2019 BWF World Tour Super 500 harus didapatkan pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto lewat pertarungan sengit kala berjumpa ganda putra Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Bertanding di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Selasa (30/7), Fajar/Rian akhirnya mampu memenangkan pertandingan dengan skor tipis 22-20 dan 21-19.

Tidak hanya lolos ke babak 16 besar Thailand Open 2019 BWF World Tour Super 500, hasil manis ini juga sekaligus membayar kekalahan yang dialami Fajar/Rian kala bersua Hoki/Kobayashi di babak perempat final Blibli Indonesia Open 2019 BWF World Tour Super 1000, dua pekan lalu di Istora Senayan, Jakarta. Kali ini, Fajar/Rian tampil lebih siap berkat evaluasi yang telah dipelajarinya.

“Kita bersyukur, alhamdulillah bisa menang dan membalas kekalahan. Di sini kita lebih siap, kalau di pertemuan sebelumnya kita masih cari pola dan kurang siap bola pengembalian pertama keduanya. Tadi kita sempat ketinggalan tapi kita coba tetap fokus dan yakin,” jelas Muhammad Rian Ardianto.

Keberadaan Herry Iman Pierngadi dan Aryono Miranat yang memberikan instruksi dari pinggir lapangan, dikatakan Fajar membuat dirinya semakin fokus dan lebih sabar dalam menghadapi gempuran yang dilepaskan Hoki/Kobayashi.

“Kita bisa bermain fokus, memang tidak mau terulang lagi kekalahan sebelumnya, karena ada peluang. Tadi kita berpikir dapat satu poin satu poin saja, masuk dulu bolanya. Waktu game kedua awal, kita terlalu buru-buru, kita menang angin malah out terus,” kata Fajar Alfian menambahkan.

Lolos ke babak dua Thailand Open 2019 BWF World Tour Super 500, ganda putra Indonesia peringkat tujuh dunia ini akan berhadapan dengan pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Dari dua pertemuan sebelumnya, Fajar/Rian belum pernah kalah dari Rankireddy/Shetty. “Mereka power-nya kencang, jadi kita harus waspada dengan bola-bola depan dan pola no-lob mereka,” tutupnya.

Sementara itu, dua wakil ganda putra Indonesia harus terhenti di babak awal Thailand Open 2019 BWF World Tour Super 500. Berry Angriawan/Hardianto kalah 11-21 dan 10-21 atas pasangan Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong. Sedangkan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso ditundukkan wakil Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin dengan skor 18-21 dan 19-21.

Dari sektor ganda putri, pasangan Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris juga angkat koper lebih cepat setelah kalah dari tangan wakil Jepang, Koharu Yonemoto/Shiho Tanaka dengan skor 20-22 dan 9-21.