(Thomas & Uber Cup 2018) Tim Uber Tuan Rumah Melenggang ke Final

Busanan Ongbamrungphan Saat Dikelilingi Oleh Rekan-rekannya Sesaat Setelah Memastikan Kemenangannya atas Li Xuerui.
Busanan Ongbamrungphan Saat Dikelilingi Oleh Rekan-rekannya Sesaat Setelah Memastikan Kemenangannya atas Li Xuerui. (Photo Credit: Instagram cream_busanan)
Internasional ‐ Created by AH

Kejutan dapat disajikan oleh tim Uber tuan rumah Thailand, pada ajang Thomas & Uber 2018. Diunggulkan di posisi keempat, Thailand secara tak disangka dapat mengalahkan unggulan kedua Tiongkok, dengan skor akhir 3-2 pada laga babak semifinal kemarin, Jumat (25/5).

Thailand dapat merebut poin kemenangan pertama lewat andalannya, Ratchanok Intanon. Mengadapi Chen Yufei, Juara Dunia 2013 itu mampu menang dengan 15-21, 21-9, dan 21-14 sekaligus menjadikan kedudukan sementara 1-0.

Di partai kedua ganda pertama, pasangan Thailand Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai harus mengakui keungulan andalan Tiongkok, Chen Qingchen/Jia Yifan. Kedudukan pun menjadi imbang 1-1 setelah pasangan Thailand tersebut kalah 17-21 dan 20-22.

Di partai ketiga tunggal kedua, Nitchaon Jindapol yang pada babak perempat final sebelumnya kalah di tangan wakil Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, pada laga semifinal kemarin mampu mengobati rasa kekecewan sebelumnya. Kali ini dirinya dapat meraih kemenangan dari wakil Tiongkok, Gao Fangjie, dengan 19-21, 21-19, dan 21-12. Hal itu menjadikan Thailand kembali unggul 2-1.

Tiongkok kembali memperpanjang nafas setelah wakil keempatnya yang merupakan ganda kedua, pasangan Huang Yaqiong/Tang Jinhua sukses menang dari Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai dengan skor tipis 24-26, 21-17, dan 21-18. Kedudukan kala itu menjadi kembali imbang 2-2.

Namun pada partai terakhir, wakil tunggal ketiga Thailand, Busanan Ongbamrungphan, dapat memastikan kemenangan bagi timnya, setelah berhasil menang atas Li Xuerui dengan skor telak dua game langsung, 21-11 dan 21-9.

Dengan hasil itu, maka Thailand pun akan berjumpa dengan unggulan pertama Jepang, di laga final yang akan berlangsung hari ini, Sabtu (26/5). Jepang sendiri lolos ke final usai menundukkan Korea dengan 3-1.