Tiga Pebulutangkis Indonesia Tergabung Dalam Ajang Olympic Day

Selebrasi Jonatan Christie (Indonesia) saat berlaga di ajang Blibli Indonesia Open 2019 BWF World Tour Super 1000.
Selebrasi Jonatan Christie (Indonesia) saat berlaga di ajang Blibli Indonesia Open 2019 BWF World Tour Super 1000.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tiga Pebulutangkis Indonesia, yakni Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting dan Marcus Fernaldi Gideon mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan Olympic Day yang diselenggarakan Komite Olimpiade Internasional (IOC). Ajang ini melibatkan atlet-atlet dunia dari berbagai cabang olahraga (cabor), termasuk diantaranya mereka bertiga.

Dua tunggal putra Indonesia, Jonatan dan Anthony secara bersamaan akan melakukan siaran melalui Instagram @olympicchannel. Sedangkan Marcus akan melakukan siaran langsung olahraga di rumah bersama dengan akun Instagram resmi Olimpiade, @Olympics pada Selasa (23/6), pukul 11.00 WIB.

Karena pandemi, para atlet dari berbagai cabor yang terlibat dalam ajang ini akan melakukan ‘olahraga bareng’ secara virtual. Total ada 22 atlet yang berpartisipasi. Dari bulutangkis, selain Jonatan, Anthony dan Marcus, ada juga tunggal putri nomor satu India, Pusarla V. Sindhu.

Dalam tradisinya, ajang Olympic Day identik dengan lari sehat. Tapi, karena tahun ini terjadi pandemi, kegiatan tersebut terpaksa ditiadakan untuk sementara.

“Merayakan Olympic Day mungkin akan sangat berbeda dari beberapa tahun belakangan. Namun, pada hari yang sama, pada Olympic Day ini, pesan kami adalah kekuatan olahraga akan memberikan harapan dan optimisme kepada semua orang agar menjadi lebih kuat,” kata Presiden IOC, Thomas Bach dilansir Jawapos.com dari situs resmi IOC.

Ide awal Olympic Day datang dari Josef Gruss. Anggota IOC asal Republik Ceko itu mencetuskan hal tersebut saat IOC berulang tahun ke-41 pada 1947 silam. Perayaan Olympic Day diambil dari hari lahir IOC, yakni pada 23 Juni 1894 di Sorbonne, Prancis.