Uber Cup 2022 - Tiva Tambah Keunggulan bagi Indonesia

Aisyah Sativa Fatetani (Humas PP PBSI)
Aisyah Sativa Fatetani (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Bangkok | Keunggulan Indonesia atas Prancis di babak penyisihan Grup A Piala Uber 2022 bertambah menjadi 3-0, usai pebulu tangkis tunggal putri Aisyah Sativa Fatetani menyumbang satu poin dari partai ketiga di Bangkok, Thailand, Minggu (8/5). Aisyah tampil selama 49 menit di lapangan nomor empat dan sempat tertinggal di gim pertama, dan akhirnya berhasil mengalahkan Léonice Huet 12-21, 21-13, 21-15.

"Pertamanya memang masih kurang enak, dan menang angin juga. Dia juga lebih in lebih dulu, jadi saya kalah di awal. Sementara di gim ketiga karena sudah tahu cara main yang enak, belajar dari kesalahan di gim pertama. Jadi pelajaran buat saya," kata Aisyah kepada Antara.

Pada gim pertama, pebulu tangkis peringkat ke-328 terlihat kesulitan menyesuaikan strategi yang cocok saat meladeni Huet di pertemuan perdana mereka.

Ketidaknyamanan pemain yang biasa disapa Tiva ini terlihat dari gerakannya yang kurang fleksibel dalam melakukan pengembalian pukulan. Namun, kekurangan ini segera tertutupi begitu memasuki gim kedua dan ketiga.

Aisyah, yang semula tertinggal, berbalik unggul dan mendominasi permainan pada dua gim terakhir. "Dia lebih tinggi jadi gerakan kakinya lebih cepat dari saya, jadi saya harus kerja dua kali lipat dari dia untuk ambil bola," tutur Aisyah soal kesulitan menghadapi Huet.

Menurut atlet kelahiran Purwokerto, Jawa Tengah, ini, ketegangan juga menjadi faktor dirinya telat panas di gim pertama, mengingat dia baru pertama kali berlaga di ajang beregu bergengsi ini. "Agak tegang ya memang, karena pertama kali turun di turnamen besar. Apalagi yang beregu bergengsi seperti ini. Jadi baru bisa adaptasi dengan baik di gim kedua dan mainnya normal," tuturnya.

Sukses menyumbang poin bagi skuad "Merah Putih", Aisyah mengaku lebih lega dan akan bersiap untuk menghadapi babak penyisihan kedua melawan tim Jerman, Selasa (10/5).