(World Championships) Indonesia Bidik Satu Gelar

Selebrasi kemenangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia).
Selebrasi kemenangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia).
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Indonesia membidik satu gelar juara dari ajang World Championships 2019 yang akan berlangsung di St. Jakobshalle Basel, Swiss, pada 19 hingga 25 Agustus mendatang. Satu target tersebut tentunya tidak menitikberatkan pada satu sektor saja, melainkan terbuka untuk seluruh wakil Indonesia yang mengirimkan 27 pebulutangkis terbaiknya, termasuk salah satunya pasangan peringkat satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Meski demikian, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti mengakui bila sektor ganda putra menjadi salah satu nomor yang paling berpeluang membawa pulang gelar juara dunia kali ini. Apalagi, dalam beberapa waktu belakangan, pasangan Kevin/Marcus dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan telah memperlihatkan prestasi yang luar biasa dengan menciptakan dua kali laga All Indonesian Finals pada Blibli Indonesia Open 2019 BWF World Tour Super 1000 dan Japan Open 2019 BWF World Tour Super 750.

“Targetnya satu gelar dulu, dari sektor mana saja. Peluang paling besar memang ada di ganda putra. Tapi kemarin di Japan Open ada ganda campuran, ada tunggal putra, semoga mereka nanti bisa kasih kejutan juga, prestasinya lebih stabil lagi. Karena kita sudah dekat dengan Olimpiade, segala kemungkinan bisa terjadi. Semua negara juga sama,” kata Susy Susanti.

Lebih lanjut Susy mengatakan, sektor lainnya diharapkan mampu membuktikan dengan prestasi dan tidak hanya berpartisipasi. “Lalu untuk sektor putri, kita harapkan ada peningkatan dari sebelumnya. Di ganda putri juga kita harapkan bukan cuma Greysia Polii/Apriyani Rahayu saja. Tapi pemain yang diturunkan lainnya bisa memberikan kejutan dan prestasi, bukan cuma datang meramaikan saja,” tuturnya.

“Greysia/Apriyani juga kita harapkan bisa tembus semifinal. Di Kejuaraan Dunia ini kita harapkan mereka bisa lebih baik dan maksimal. Harus lebih serius karena ini levelnya kejuaraan dunia. Untuk yang muda-muda kita harapkan bisa mendampingi Greysia/Apriyani. Untuk Della/Rizki juga harus membuktikan, mampu bersaing atau tidak. Kalau tidak bisa membuktikan, berarti SK prioritasnya akan kita tarik. Karena kan tujuan kita saat ini ke Olimpiade,” ungkap Susy.

Pasukan Indonesia akan bertolak ke Swiss pada Rabu (14/8) malam. Jelang keberangkatan, para patriot Merah Putih terus mematangkan persiapannya. Para atlet juga diingatkan untuk tetap menjaga kondisi serta mematangkan strategi di lapangan.

“Untuk latihan jelang pertandingan sudah kita serahkan ke pelatih yang lebih tahu. Baik kelemahan dan kelebihan para atlet. Saya juga ingatkan mereka untuk jaga kondisi, jangan sampai sakit. Lalu juga penerapan akurasi di lapangan, fokus dan strategi untuk menghapal dan menghadapi lawan. Karena lawannya kan itu-itu saja,” tandasnya.

 

Berikut daftar pemain Indonesia yang turun di World Championships 2019:

  • Tunggal Putra: Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto
  • Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung, Fitriani
  • Ganda Putra: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Berry Angriawan/Hardianto, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan
  • Ganda Putri: Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta, Jauza Fadhila Sugiarto/Yulfira Barkah
  • Ganda Campuran: Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Ronald/Annisa Saufika