(World Junior Championships) 26 Patriot Muda Siap Bela Indonesia

Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil (Indonesia) saat menjuarai World Junior Championships 2018.
Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil (Indonesia) saat menjuarai World Junior Championships 2018. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | PP PBSI melalui Surat Keputusan (SK) dengan nomor SKEP/079/0.3/IX/2019 tentang Penetapan Tim Bulutangkis Indonesia Dalam Rangka Mengikuti World Junior Championships 2019, telah mengumumkan 26 nama yang akan memperkuat tim Indonesia pada kejuaraan paling bergengsi di kelompok usia U-19. World Junior Championships 2019 akan berlangsung di Kazan, Rusia pada 30 September hingga 13 Oktober mendatang.

Berbekal tren positif dan hasil manis dengan raihan dua gelar juara di ajang Asia Junior Championships 2019, Juli lalu, lantas membuat para patriot muda Indonesia ditarget tiga emas pada World Junior Championships 2019 kali ini. Tim beregu campuran Indonesia yang menyandang status unggulan pertama, ditargetkan untuk meraih gelar juara. Dan dua target gelar juara juga dipatok dari nomor perorangan.

“Peluang terbuka lebar, materi pemain junior kita cukup bagus, seperti di ganda putri, ganda campuran dan ganda putra. Tunggal putra dan tunggal putri pun nggak jelek, ini kesempatan buat tim indonesia meraih gelar,” ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI sekaligus Manajer Tim WJC 2019, Susy Susanti.

Pada Asia Junior Championships 2019, Juli lalu di Tiongkok, tim junior Indonesia harus puas dengan raihan medali perak di nomor beregu campuran. Setelah itu, dua medali emas datang dari nomor perorangan melalui ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan ganda campuran Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil.

“Kalau ditanya target beregu, ya kita sih maunya juara, ini kesempatan banget. mudah-mudahan pemain-pemain kita siap tanding dan belajar dari kesalahan di AJC kemarin, untuk lebih tough, mau kerja keras, dalam situasi kritis mereka harus lebih yakin lagi. Untuk target perorangan, kita maunya minimal dua gelar, setidaknya seperti di AJC, tapi kita berharap lebih dari itu,” tutupnya.

World Junior Championships 2019 akan mempertandingkan nomor beregu dan perorangan. Kompetisi beregu akan berlangsung pada 30 September hingga 5 Oktober 2019, kemudian dilanjutkan dengan nomor perorangan. Pada nomor beregu, format pertandingan yang digunakan adalah beregu campuran, seperti di Piala Sudirman.

 

Berikut daftar lengkap tim inti World Junior Championships 2019:

  • Tunggal Putra:
  1. Christian Adinata
  2. Yonathan Ramlie
  3. Syabda Perkasa Belawa
  4. Bobby Setiabudi

Jeffer Rosobin (Pelatih)

 

  • Tunggal Putri:
  1. Putri Kusuma Wardhani
  2. Stephanie Widjaja
  3. Yasnita Enggira Setiawan
  4. Aisyah Sativa Fatetani

Herli Djaenudin (Pelatih)

 

  • Ganda Putra:
  1. Leo Rolly Carnando
  2. Daniel Marthin
  3. Dwiki Rafian Restu
  4. Bernardus Bagas Kusuma Wardana
  5. Muhammad Galih Rezka Ramadhan
  6. Gavy Anak Satryadi

David Yedija Pohan (Pelatih)

 

  • Ganda Putri:
  1. Putri Syaikah
  2. Nita Violina Marwah
  3. Febriana Dwipuji Kusuma
  4. Amalia Cahaya Pratiwi
  5. Melani Mamahit
  6. Tryola Nadia

Rudy Gunawan Haditono (Pelatih)

 

  • Ganda Campuran:
  1. Leo Rolly Carnando
  2. Indah Cahya Sari Jamil
  3. Dwiki Rafian Restu
  4. Metya Inayah Cindiani
  5. Andre Timotius Tololiu
  6. Dinda Dwi Cahyaning
  7. M. Lucky Andres Apriyanda
  8. Helena Ayu Puspitasari

Vita Marissa (Pelatih)

Manajer tim: Susy Susanti