(World Junior Championships) Jangan Lengah!

Ribka Sugiarto/Febriana Dwipuji Kusuma bersiap menyambut pengembalian.
Ribka Sugiarto/Febriana Dwipuji Kusuma bersiap menyambut pengembalian. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Toronto | Pasukan Garuda Muda akan melanjutkan perjuangannya di babak perempat final BWF World Junior Championships 2018 setelah memastikan diri sebagai juara di Grup H. Berhadapan kontra Denmark di babak delapan besar, Ribka Sugiarto cs diminta jangan lengah, tetap fokus pada pertandingan dan lebih waspada. Menurut Manajer Tim Indonesia, Susy Susanti, pertandingan kali ini diprediksi tak akan berjalan mudah begitu saja, seperti sebelum-sebelumnya.

“Untuk melawan Denmark, kita sudah memilih atlet yang paling siap dan kondisinya yang paling baik. Karena ini akan menjadi pertandingan penting untuk lolos ke semifinal. Intinya jangan sampai lengah dan harus mati-matian untuk ke semifinal,” kata Susy.

Lebih lanjut Susy mengatakan, perjalanan sesungguhnya bagi pasukan muda Merah Putih dalam misi perebutan tahta juara dunia junior, baru akan dimulai. Apalagi, lawan yang harus dihadapi kali ini adalah Denmark, yang diketahui memiliki kekuatan cukup merata.

“Kekuatan mereka cukup merata. Jadi nggak boleh lengah di setiap sektor. Kalau lawan Inggris, kita ada ganda putri dan ganda putra yang masih di atas mereka.Tunggal putri juga peluangnya bisa dibilang 70:30 atau 60:40 untuk menang. Nah untuk Denmark ini kita tetap merasa bisa, tapi sepertinya akan ketat. Lebih ketat dibanding lawan Inggris,” tuturnya.

Sektor tunggal putra, tunggal putri dan ganda campuran, dinilai Susy sebagai kekuatan yang perlu diantisipasi dari kubu Denmark. Sementara di nomor ganda putra dan ganda putri, Susy optimis lebih besar peluangnya untuk menang.

“Kami melihat bahwa tunggal putri dan tunggal putra mereka bagus. Ganda campurannya mereka juga cukup bagus. Kalau ganda putra kami mungkin bisa, ganda putri juga masih di atas 55:45. Secara rangking Ikhsan memang di atas, tapi tetap harus waspada karena Denmark juga mainnya rapi, pukulannya bagus. Tunggal putri juga kami bisa menang tapi nggak gampang. Pokoknya nggak boleh lengah buat jaga poin,” tutupnya.

 

Susunan Pemaian Indonesia vs Denmark:

  • (Ganda Campuran) Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Daniel Lundgaard/Amalie Magelund
  • (Tunggal Putra) Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay vs Magnus Johannesen
  • (Ganda Putra) Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Rasmus Esperen/Sebastian Gronbjerg
  • (Tunggal Putri) Putri Kusuma Wardani vs Line Christophersen
  • (Ganda Putri) Ribka Sugiarto/Febriana Dwipuji Kusuma vs Amalie Magelund/Freja Ravn