(World Junior Championships) Leo/Daniel Juara Dunia

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Indonesia) juara World Junior Championships 2019.
Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Indonesia) juara World Junior Championships 2019. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Title Juara Dunia Junior 2019 sukses disandang ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Leo/Daniel pulang dengan medali emas usai menang 21-19 dan 21-18 atas pasangan Tiongkok, Di Zi Jian/Wang Chang pada partai puncak World Junior Championships 2019 yang berlangsung di Kazan Gymnastic Center, Rusia, Minggu (13/10).

“Bersyukur Puji Tuhan, tanpa Tuhan semua ini tidak akan terjadi. Saya berterima kasih kepada PB Djarum yang sudah membesarkan kita, kepada pelatih kita dulu koh (Ade) Lukas yang sudah memasangkan kita waktu kecil sekarang cita-citanya tercapai, mau kita jadi juara dunia junior. Juga kepada koh David (Pohan) dan koh Thomas (Indratjaja) dan semua pelatih di pelatnas,” ungkap Daniel Marthin.

Pada pertemuan kelima ini, Leo/Daniel memang tampil lebih menguasai jalannya permainan. Meski perolehan poin kedua pasangan tidak terpaut jauh, namun pada duel kali ini tetap tidak luput dari ketegangan. Demikianlah yang sempat dirasakan Leo Rolly Carnando sepanjang pertarungan yang berlangsung selama 41 menit itu.

“Kita sudah sering ketemu, sudah sama-sama tahu permainan masing-masing. Mereka tipe mainnya kencang dan banyak drive, kita sudah jagain. Awalnya saya sempat ragu dan tegang. Masa sih masuk ke final di dua nomor tapi nggak ada satu pun yang juara,” kata Leo Rolly Carnando.

Gelar juara dunia kali ini terasa sangat istimewa bagi Leo/Daniel. Sebab, selain sukses mengumandangkan Indonesia Raya di Kazan, Rusia, Leo/Daniel juga terbukti mampu menyudahi puasa gelar juara dunia bagi sektor ganda putra junior Indonesia sejak 1992 silam. Terakhir kali ganda putra junior Indonesia juara terjadi pada 27 tahun lalu lewat pasangan Santoso dan Kusno.

“Akhirnya saya merasa senang sekali bisa juara karena sudah lama juga Indonesia tidak dapat gelar juara dunia junior di ganda putra,” tuturnya.

Dengan hasil ini, maka Indonesia sukses membawa pulang satu medali emas dan dua medali perak World Junior Championships 2019 dari ganda campuran Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil dan ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahya Pratiwi. Bukan cuma itu, pada pekan sebelumnya, tim beregu campuran junior Indonesia juga sukses meraih Piala Suhandinata 2019 setelah menang 3-1 atas Tiongkok.

 

Selamat Leo/Daniel! Maju terus bulutangkis Indonesia!