(World Junior Championships) Menang 5-0, Indonesia Diminta Tetap Waspada

Dwiki Rafian Restu/Metya Inayah Cindiani (Indonesia) bersiap menyambut pengembalian.
Dwiki Rafian Restu/Metya Inayah Cindiani (Indonesia) bersiap menyambut pengembalian. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tim beregu campuran Indonesia berhasil memastikan kemenangan telak pada laga pembukanya di fase penyisihan Grup A1 World Junior Championships 2019. Pasukan Garuda Muda mampu menyapu bersih kemenangan 5-0 atas tim Uganda lewat pertandingan yang berlangsung di Kazan Gymnastic Center, Rusia, Senin (30/9).

Manajer Tim Junior Indonesia, Susy Susanti mengatakan bila hasil ini sudah sesuai dengan prediksinya. Meski sukses menyapu bersih kemenangan, tapi Susy meminta kepada anak-anak Indonesia untuk tetap waspada dan tidak boleh menganggap enteng lawan. Bukan cuma itu, Susy juga berharap para punggawa Merah Putih bisa memanfaatkan pertandingan kali ini untuk beradaptasi dengan kondisi angin serta lapangan.

“Memang sudah diprediksi hasilnya seperti ini, tapi tadi saya tetap sampaikan ke anak-anak, jangan sampai lengah, tetap waspada dan jangan anggap enteng lawan, meskipun lawan bukan tim kuat,” kata Susy Susanti mengenai hasil pertandingan hari ini.

“Kalau penampilan anak-anak belum bisa diukur karena belum full mainnya. Intinya sekarang kita fokus ke pertandingan besok melawan Finlandia. Ada beberapa nomor yang cukup bagus dan akan memberikan perlawanan, pokoknya kita harus waspada,” sambungnya menambahkan.

Stephanie Widjaja yang turun di partai pembuka berhasil menjadi penyumbang poin pertama bagi Indonesia. Stephanie menang 21-2 dan 21-4 atas tunggal putri Uganda, Fadilah Shamika Mohamed Rafi. Setelah itu giliran Syabda Perkasa Belawa yang menggandakan keunggulan Indonesia menjadi 2-0 lewat kemenangan 21-14 dan 21-11 atas Brian Kasirye.

Kemenangan tim Indonesia sudah dipastikan melalui partai ketiga yang mempertandingkan nomor ganda putri. Pasangan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menyumbangkan poin ketiga untuk Indonesia setelah berhasil mengalahkan Husina Kobugabe/Tracy Naluwooza dengan skor 21-3 dan 21-3.

Ganda putra dadakan, Daniel Marthin/M. Lucky Andres Apriyanda mampu memetik kemenangan telak dengan skor 21-1 dan 21-1 atas pasangan Arshath Mohamed Nazurudheen Vaheed/Samuel Wasswa pada pertarungan di partai keempat. “Memang sengaja menurunkan Daniel dengan Yanda karena lawan hari ini kan masih belum terlalu berat, dan Leo (Rolly Carnando - pasangan tetap Daniel) bisa fokus jaga kondisi,” ujar Pelatih Ganda Putra Junior Indonesia, David Pohan.

Setelah itu, ganda campuran Dwiki Rafian Restu/Metya Inayah Cindiani meyempurnakan kemenangan Indonesia menjadi 5-0 lewat kemenangan 21-9 dan 21-8 atas Brian Kasirye/Husina Kobugabe.

Selanjutnya, di laga kedua fase penyisihan Grup A1 World Junior Championships 2019, Indonesia akan meladeni pasukan Finlandia, Selasa (1/10).