Jokowi Nikmati "All-Indonesian Final"

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto & Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Humas PP PBSI)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto & Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku menikmati laga "all-Indonesian final" di Denmark Open 2022 pada sektor ganda putra yang mempertemukan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dengan seniornya Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Jyske Bank Arena, Odense, Denmark, Minggu (23/10) malam tadi. Kepala Negara juga menyampaikan selamat kepada Fajar/Rian yang berhasil membawa pulang trofi juara Denmark Open 2022, berkat kemenangan dua gim langsung 21-19, 28-26.

"Laga dua pasangan ganda putra Indonesia di babak final kejuaraan bulu tangkis Denmark Open 2022 semalam begitu sengit. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akhirnya menjadi juara," tulis Presiden Jokowi akun Instagram-nya pada Senin (24/10).

"Selamat! Siapa pun juaranya, pemenangnya tetap Indonesia," tambah mantan wali kota Solo tersebut, sembari menyematkan foto Fajar/Rian dan Kevin/Marcus berpose bersama dalam seremoni selepas pertandingan.

Hingga sekitar pukul 11:30 WIB, unggahan di akun Instagram orang nomor satu di Indonesia itu disukai ratusan ribu warganet atau mencapai angka 178.038 Likes. Jumlah komentar yang muncul pun mencapai ribuan, termasuk dari @fajaralfian95 yang menuliskan, "Terimakasih pak."

Gelar juara ini sekaligus tercatat sebagai yang pertama bagi Fajar/Rian pada turnamen level BWF World Tour Super 750. Namun, sebagaimana dilaporkan Antara, prosesi pengalungan medali dan penyerahan trofi sempat diwarnai kesalahan pranatacara turnamen, yang menyebut Fajar/Rian dan Kevin/Marcus sebagai perwakilan dari Malaysia, bukan Indonesia.

Hal itu boleh terjadi diduga lantaran kedua pasangan sama-sama menyisihkan wakil Malaysia di babak empat besar, dalam menciptakan "all-Indonesian final" ganda putra Denmark Open 2022. "Minions" menyingkirkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik untuk merebut tiket final, sedangkan Fajar/Rian maju ke partai puncak usai menyisihkan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Belakangan, akun resmi Federasi Bulu Tangkis Denmark menyampaikan permintaan maaf melalui media sosial atas kesalahan penyebutan nama sang juara dan runner-up, satu di antaranya melalui akun Twitter @BadDK.