Liliyana Natsir Duta Flypower

Tontowi Ahmad, Hariyanto Arbi, & Liliyana Natsir (Dok. @natsirliliyana)
Tontowi Ahmad, Hariyanto Arbi, & Liliyana Natsir (Dok. @natsirliliyana)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Dengan memasang tanda pagar #ProdukIndonesiaMendunia di akun Instagram-nya, juara Olimpiade Liliyana Natsir dengan bangga menyatakan dirinya resmi sebagai duta jenama Flypower. Produsen peralatan olahraga dan sepatu yang didirikan oleh legenda bulu tangkis Indonesia Hariyanto Arbi ini, menggandeng Liliyana, yang juga legenda bulu tangkis Tanah Air, untuk berkolaborasi menjadi duta.

"Deal...!!! Hari ini saya resmi menjadi brand ambasador dari Flypower, semoga dengan kerjasama ini bisa semakin membuat Flypower lebih mendunia dengan produk-produknya yg berkualitas," tulis perempuan yang akrab disapa Butet ini di akun Instagram @natsirliliyana, Kamis (14/10).

Di atas keterangan foto, Butet juga mengunggah sejumlah foto penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kontrak dengan Flypower. Selain Hariyanto, tampak Tontowi Ahmad di antara beberapa foto yang diunggah, mantan tandemnya di nomor ganda campuran, yang telah membawa harum nama Indonesia di berbagai gelanggang internasional.

"Senang rasanya bisa menjadi bagian dari keluarga besar Flypower @flypowerofficial @hariyanto_arbi yang merupakan produk dalam negeri tetapi mampu bersaing di pasar Internasional," kata Butet, menambahi keterangan foto pada unggahan di akun Instagram yang diikuti lebih dari 515 ribu akun tersebut.

Sebelum Butet, Flypower juga menggaet Owi --sapaan akrab Tontowi-- sejak akhir Juli 2020, juga selaku duta jenama atau brand ambassador selama dua tahun. Selang setahun kemudian, Hariyanto pun menjatuhkan pilihan pada Butet untuk tugas serupa.

"Liliyana diikat selama dua tahun dengan opsi perpanjangan. Penandatangan MoU dilakukan Butet bersama Direktur Utama PT Flypowerindo, Hariyanto Arbi, di Kantor Flypower, kawasan Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, pada Kamis (14/10)," Kumparan, melaporkan.

Kilas balik, tawaran bagi Hariyanto alias Hari untuk mengembangkan Flypower, berasal informasi Fung Permadi, yang kala itu menjadi pemain dan pelatih di Taiwan. Tahun 2003, Hari mendapatkan kabar, FlyPower butuh baju dan sepatu olahraga dari Indonesia untuk dikirim serta dipasarkan di Taipei.

"Dengan sisa-sisa kejayaan saya, dengan sisa-sisa uang dari hadiah juara maupun kontrak di masa lalu, saya pun mengerjakan order, memenuhi pesanan sepatu—dibikin di Bandung dan Tangerang," ujar Hari, salah satu pahlawan Piala Thomas 1994, 1996, 1998, dan 2000.

Setelah beberapa kali mengirim order ke Taiwan, Hari membuat stok lebih hingga 1.000 buah untuk dijual di dalam negeri. Ternyata laku, bahkan lebih laku ketimbang FlyPower yang dijual di Taiwan. Maka, dalam sebuah kesepakatan setelah mulai laku di dalam negeri, seperti dilaporkan Kompas.id, Hari mendapat hak untuk menjual sendiri FlyPower Indonesia sebagai mereknya sendiri. Lantas, apa yang didapat pihak Taiwan? Sosok Hariyanto Arbi digunakan untuk promosi produk FlyPower di Taiwan.

Situs berita tersebut menyebutkan, Fung juga ikut andil dalam saham perusahaan miliknya. Sejak tahun 2012, Hari sudah punya gedung kantor berlantai tiga seluas 500 meter persegi di Jakarta.

Selain Owi dan Butet, pada situs Flypower juga terpampang sejumlah nama yang turut mempromosikan produk ini, yakni Lyanny A Mainaky, Tiara Rosalia Nuraidah, Ruselli Hartawan, Agriprina Prima Rahmanto Putera, Jones Rafly Jansen, Yehezkiel Fritz Mainaky, Yonathan Ramlie, Habib Alfariz, Abiyyu Fauzan Majid, Ribka Sugiarto, serta Siti Fadia Silva Ramadhanti.