PBSI Bakal Siapkan Latihan Khusus untuk Pemain yang Lolos ke Olimpiade Tokyo

Selebrasi Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia).
Selebrasi Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia).
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Bila tidak ada kendala, musim kompetisi 2021 akan segera bergulir mulai Maret mendatang. Artinya, kualifikasi menuju panggung Olimpiade Tokyo 2020 pun kembali dilanjutkan setelah sempat terhenti akibat wabah virus korona. Untuk itu, tim bulutangkis Indonesia langsung berbenah diri menatap musim kompetisi tahun ini, menyusul tidak tercapainya target pada tiga turnamen Seri Asia 2020, yang berakhir pekan lalu.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky mengatakan bahwa dia dan para pelatih di setiap sektor akan bersinergi untuk menyiapkan latihan khusus bagi para pemain yang lolos ke Olimpiade Tokyo 2020.

“Kalau untuk Olimpiade, memang harus benar-benar dipersiapkan. Apalagi banyak kejuaraan yang berdekatan, memang ada yang masuk poin Olimpiade ada yang tidak. Tapi untuk pemain-pemain yang akan ikut Olimpiade, nanti saya dengan pelatih-pelatih mungkin akan berikan latihan khusus tersendiri,” kata Rionny dalam siaran pers PP PBSI yang diterima Djarumbadminton.com.

Untuk bulan depan, setidaknya ada dua turnamen yang masuk dalam kualifikasi Olimpiade. Yakni Swiss Open 2021 BWF World Tour Super 300 (2-7 Maret) dan German Open 2021 BWF World Tour Super 300 (9-14 Maret). PBSI sendiri sudah merilis daftar pemain yang bakal berlaga di turnamen tersebut.

Sejauh ini, tim bulutangkis Indonesia sudah menempatkan delapan wakilnya untuk Olimpiade Tokyo 2020. Ada dua wakil di sektor ganda putra. Yakni Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (1) dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (2). Begitu juga di tunggal putra. Ada Anthony Sinisuka Ginting (4) dan Jonatan Christie (7). Lalu ada Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (4) serta Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (8) di nomor ganda campuran.

Sedangkan di sektor ganda putri ada Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Sementara Gregoria Mariska Tunjung, sepertinya bakal menjadi satu-satunya wakil di sektor tunggal putri.