Piala Presiden 2022 Resmi Bergulir

Agung Firman Sampurna (Djarum Badminton)
Agung Firman Sampurna (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Piala Presiden 2022 akhirnya resmi bergulir setelah dibuka pada Senin (1/8) siang di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta Timur, oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Acara pembukaan diawali dengan anggota paskibra membawa tiga bendera ke dalam arena, bendera Merah Putih, KONI, dan PBSI. Dilanjutkan dengan penampilan tarian khas Betawi serta parade perwakilan atlet dari 30 provinsi dengan balutan pakaian adat.

Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang sudah memberikan izin bulu tangkis menggelar Piala Presiden untuk pertama kalinya. "Bulu tangkis telah menjadi bagian penting dalam hidup kita, telah menjadi budaya kita," jelasnya, dalam siaran pers Humas PP PBSI.

"Olahraga yang prestasinya membanggakan tetapi dalam 71 tahun sejarah bulu tangkis Indonesia kita belum pernah menyelenggarakan satu kejuaraan yang menjadi pengakuan eksistensi secara nasional," Agung, menambahkan.

Lebih lanjut Agung menjelaskan, tujuan PP PBSI menggelar Piala Presiden 2022 ini bukan sekadar menjaring talenta-talenta terbaik dan melakukan pembinaan usia dini, tapi juga sekaligus menyambut perayaan hari ulang tahun ke-77 Kemerdekaan Indonesia. "Kita harapkan bulu tangkis menjadi salah satu olahraga yang dapat menjadi alat pemersatu bangsa," katanya.

Piala Presiden 2022 Diikuti 606 atlet dari 30 provinsi yang terbagi dalam tiga kelompok usia dan 11 sektor. Anak-anak U-13 (tunggal putra dan tunggal putri), pemula U-15 (tunggal putra, tunggal putri, ganda putra dan ganda putri) dan remaja U-17 (tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran).