PON Papua 2021 - Jabar Pastikan Emas Tunggal Putra

Syabda Perkasa Belawa, tunggal putra Jawa Barat berlaga di PON Papua 2021 di GOR Waringin (PON Papua 2021/Martona)
Syabda Perkasa Belawa, tunggal putra Jawa Barat berlaga di PON Papua 2021 di GOR Waringin (PON Papua 2021/Martona)
Nasional ‐ Created by EL

Jayapura | Atlet Jawa Barat Panji Ahmad Maulana memastikan diri tampil di final tunggal putra setelah menyingkirkan unggulan teratas dari Sulawesi Utara Ikhsan Leonardo Emanuel Rumbay, dalam semifinal PON Papua 2021 di GOR Waringin, Jayapura, Selasa (12/10). Di final, Rabu (13/11), Panji akan menghadapi rekan satu kontingennya, Syabda Perkasa Belawa.

Dalam pertandingan yang berlangsung 35 menit, Panji, yang merupakan mantan atlet pelatnas, mengalahkan Ikhsan dengan skor 21-14, 21-12.

Panji yang mendapati cedera pergelangan kaki saat semifinal beregu putra itu mengatakan bahwa dia berusaha untuk tetap menjaga fokus mengumpulkan poin demi poin dan tidak membiarkan lawan mengambil alih keunggulan.

"Jaga pikiran saja. Dari mindset saya cuma lebih ke fokus membuat agar bola yang mengejar saya, bikin lawan bikin kesalahan sendiri," kata Panji, dikutip dari Antara.

"Dengan body language saja supaya musuh lebih enggak pede melihat saya cedera atau pincang. Nutupin kelemahan kita saja biar dia di lapangan tidak mengincar kelemahan saya," Panji, menanggapi cederanya.

Pada partai semifinal lainnya, Syabda memastikan tiket final tunggal putra setelah mengalahkan wakil Jawa Tengah Bobby Setiabudi 21-14, 19-21, 21-19.

Pertandingan cabang bulu tangkis PON Papua 2020 akan ditutup pada 13 Oktober 2021, dan memperebutkan lima medali emas dari sektor tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri, serta ganda campuran.