(Olimpiade Rio 2016) Praveen/Debby Jumpa Tontowi/Liliyana di Perempat Final

Praveen Jordan/Debby Susanto
Praveen Jordan/Debby Susanto
Olimpiade ‐ Created by RYN

Praveen Jordan/Debby Susanto akan berhadapan dengan seniornya, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di perempat final Olimpiade Rio 2016. Meskipun pertemuan antar 'saudara' setanah air ini masih terlalu dini, namun dengan demikian Indonesia sudah memastikan satu tiket semifinal dari nomor ganda campuran.

Praveen/Debby melaju ke semifinal dengan menyandang gelar runner up grup A. Praveen/Debby kalah dari pasangan Tiongkok, Zhang Nan/Zhao Yunlei, 11-21 dan 18-21.

Di game pertama, Praveen/Debby bermain di bawah tekanan lawan. Mereka kesulitan mengembangkan permainan dan tertinggal dalam perolehan poin.

"Lawan tidak mau kasih kita bola menyerang. Jadi terus memaksa kami untuk menurunkan bola, kami yang banyak ketekan," ungkap Debby.

Praveen/Debby merubah pola permainan di game kedua. Strategi ini cukup berhasil, mereka berhasil mendekati perolehan angka lawan dan berpeluang merebut game kedua. Namun, Praveen/Debby harus mengakui keunggulan lawan yang lebih berpengalaman.

"Game kedua sudah jauh lebih enak mainnya, mereka juga sudah ikut permainan kami. Tapi kelebihan mereka di poin-poin tua tetap tenang. Jadi mereka bisa ubah pola permainan lagi," tutur Debby.

Hingga saat ini Indonesia telah berhasil mengirimkan tiga wakil di perempat final cabang olahraga bulutangkis Olimpiade Rio 2016. Selain Praveen/Debby dan Tontowi/Liliyana, juga ada pasangan ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari.

Sementara langkah ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan harus terhenti. Sedangkan di sektor tunggal, Tommy Sugiarto dan Linda Wenifanetri masih berjuang di pertandingan penyisihan grup.