(Olimpiade Rio 2016) Akhirnya, Lee Chong Wei Taklukkan Lin Dan di Pentas Olimpiade

Lee Chong Wei
Lee Chong Wei (AFP)
Olimpiade ‐ Created by AH

Jakarta, - Penantian panjang Lee Chong Wei untuk bisa menaklukkan Lin Dan di pentas paling bergengsi Olimpiade tercapai sudah. Di laga semifinal Olimpiade Rio de Janeiro 2016 yang berlangsung malam tadi, Jumat (19/8), pebulutangkis asal Malaysia yang saat ini menduduki peringkat satu dunia ini, mampu menuntaskan rasa penasarannya terhadap Super Dan.

Dalam waktu 1 jam 23 menit, Lee mampu mencetak sejarah baru setelah memastikan kemenangan pertama kalinya atas Lin Dan sepanjang sejarah Olimpiade, dengan 15-21, 21-11 dan 22-20.

Bagaimana tidak, di pertemuan pertama kalinya mereka di ajang Olimpiade yakni di partai puncak final Olimpiade Beijing 2008. Kala itu Lin harus memupuskan harapan Lee untuk meraih medali emas setelah Lin berhasil unggul telak 21-12 dan 21-8.

Empat tahun berselang setelahnya, kedua pebulutangkis terbaik sepanjang masa ini di pertemukan di partai puncak final Olimpiade London 2012. Lagi-lagi, Lee harus menerima pil pahit setelah kembali takluk di tangan Lin dengan kekalahan tiga game 21-15, 10-21, dan 19-21.

Dengan hasil ini, Lee berhasil memperkecil kekalahan atas Lin menjadi 12-25 dan juga sekaligus memastikan diri melangkah ke partai pucak final Olimpiade yang ketiga kalinya. Di final Olimpiade Rio de Janeiro 2016 kali ini, Lee akan dipertemukan dengan wakil Tiongkok lainnya, Chen Long. Dilihat dari rekor pertemuan Lee dengan Chen, nampaknya pertarungan ini pun bakal tak kalah sengit. Dari 25 pertemuan sebelumnya, Lee hanya unggul satu kemenangan atas Chen yakni 13 kemenangan untuk Lee dan 12 kemenangan untuk Chen.

Namun di empat pertemuan terakhir, seluruhnya mampu dimenangkan oleh Lee. Partai final tunggal putra yang juga sekaligus perebutan medali terakhir dari cabang olahraga bulutangkis di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 bakal berlangsung malam nanti.

Sementara itu pada perebutan medali perunggu tunggal putra yang akan mempertemukan Lin dengan wakil Denmark, Viktor Axelsen, akan dilangsungkan sebelum final.