(Olimpiade Rio 2016) Tontowi/Liliiyana Pastikan Tiket Perempat Final

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir
Olimpiade ‐ Created by RYN

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sudah memastikan tempat di perempat final Olimpiade Rio 2016. Tiket perempat final digenggam usai mengantongi kemenangan kedua di babak penyisihan grup C.

Tontowi/Liliyana menang dua game langsung atas pasangan Thailand Bodin Isara/Savitree Amitrapai, 21-11 dan 21-13. Sebelumnya, Tontowi/Liliyana juga menang mudah dari pasangan Australia Robin Middleton/Leanne Choo, 21-7 dan 21-8 di laga pertama mereka.

"Hasil ini membuat kami lebih percaya diri. Kami berharap semakin hari kami harus semakin baik. Kemarin karena lawannya lebih di bawah, kami bisa oke hasilnya. Hari ini lawannya lebih di atas dari yang kemarin, kami berharap lebih baik dan terbukti kami bisa lebih oke lagi. Mudah-mudahan tiap hari ada peningkatan lagi dan kami bisa tampil lebih percaya diri lagi," ujar Liliyana.

Saat menghadapi Bodin/Savitree, Tontowi/Liliyana sempat tertinggal 6-11 di game kedua. Beruntung, Tontowi/Liliyana tetap tenang dan kembali ke pola permainan mereka sebelum akhirnya meraih kemenangan.

"Kalau Olimpiade rata-rata pertandingannya begitu. Walaupun game pertama menang mudah, game kedua ada ragu-ragu sedikit pas ketinggalan. Tapi kami tetap tenang karena kalau panik justru akan banyak buat salah. Kami percaya, selama belum 21, kami belum kalah. Begitupun kalau unggul sebelum 21, apapun bisa terjadi, belum tentu menang," papar Liliyana.

"Mereka sudah bermain sesuai pola di game pertama. Bola-bola no lob mereka menyulitkan lawan. Namun di game kedua mereka sudah diantisipasi lawan, jadi tertinggal 6-11. Setelah polanya diganti dengan membuka bola ke belakang dulu, baru mereka bisa keluar dari tekanan," komentar Pelatih Ganda Campuran Pelatnas PBSI, Richard Mainaky.

Tontowi/Liliyana kini tinggal melakoni satu laga lagi untuk penentuan juara grup C. Mereka akan ditantang pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.